SOLOPOS.COM - Ketua DPD PKS Solo, Daryono, berfoto bersama sejumlah perwakilan organisasi masyarakat yang mendukung Anies Baswedan sebagai capres dalam Pemilu 2024, Kamis (29/9/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Kota Solo mengusulkan ke DPP partai tersebut untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres 2024. PKS mengklaim mendapat banyak masukan dan aspirasi dari kader, simpatisan, dan elemen masyarakat, untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPD PKS Solo, Daryono, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kamis (29/9/2022). “Arus bawah untuk pencapresan Anies sangat kuat, dan PKS Solo sadar arus ini sangat dekat dengan konstituen PKS. Sehingga kami menampung aspirasi dan akan kami teruskan ke DPP PKS,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Daryono menjelaskan mempunyai wewenang terkait pencalonan presiden ada di DPP PKS. “Pada kesempatan ini kita sama-sama berdoa agar arus bawah yang kita bawa bersama bisa menjadi arus nasional, dan diakomodasi DPP. Sehingga nanti betul-betul PKS segera deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan capres 2024,” urainya.

Bila sudah ada kepastian sikap DPP PKS terkait figur capres yang diusung di Pemilu 2024, menurut Daryono, akan memudahkan struktur organisasi di bawah untuk bergerak, berkolaborasi dengan organisasi sukarelawan pendukungnya. “Untuk segera kolaborasi dengan teman-teman relawan pendukung Anies,” sambungnya.

Daryono menjelaskan aspirasi pendukungan Anies sebagai capres 2024 tidak hanya datang dari elemen masyarakat di luar partai, tapi juga dari kader dan simpatisan PKS. “Kami sangat mengakomodasi ini, sadar suara ini adalah dari umat, masyarakat, yang itu secara riil mereka lah yang besarkan PKS Solo,” terangnya.

Baca Juga: Anies bakal Lawan Prabowo di 2024, Gerindra Ungkit Jasa di Pilgub DKI

Deklarasi Pencapresan Anies Baswedan

Pernyataan senada disampaikan Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Solo, Asih Sunjoto Putro. Menurutnya, PKS Solo menyadari besarnya keinginan kader, simpatisan dan masyarakat, untuk mengusung Anies pada Pilpres 2024.

Dengan begitu, PKS Solo menyatakan sikapnya untuk membersamai mereka. “Kebetulan kami dari internal banyak menerima itu, segera mendeklarasikan pencapresan Anies. Sehingga hari ini kami menerima elemen masyarakat yang mereka mengirimkan surat kepada kami dan lisan, serta dari struktur DPC yang intinya bersama-sama mendorong DPD mengajukan Anies sebagai capres 2024,” tuturnya.

Sedangkan perwakilan dari elemen masyarakat Solo, Slamet Widodo, menitipkan aspirasinya kepada PKS Solo agar Anies Baswedan bisa menjadi Capres 2024. Menurut aktivis Forum Masyarakat Disabilitas Indonesia Soloraya (Formadina) itu, Anies berhasil membangun miniatur keberpihakannya kepada kaum disabilitas di Jakarta.

Baca Juga: Anies Siap Jadi Capres, PKS Sebut Calon Potensial

“Keberpihakan di Jakarta terhadap kaum disabilitas sangat nyata dan mengadopsi segala sesuatu terkait kebutuhan kawan-kawan disabilitas. Sunguh nyata dan sungguh riil di Jakarta sana, kawan-kawan disabilitas sudah bisa merasakan itu. Saya menitipkan kepada kawan-kawan PKS jadi leader mencapreskan Pak Anies,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya