PKS Sebut Sandiaga Uno Ulama, Ma\'ruf Amin: Alasannya Apa?
Sandiaga Uno mencium mobil dinasnya saat perpisahan di Balai Kota, Jakarta, Jumat (10/8/2018). (Antara - Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA -- Bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi), KH Maruf Amin, enggan mengomentari sebutan rivalnya, Sandiaga Uno, sebagai ulama. Namun, dia mempertanyakan dasar penyebutan Sandiaga sebagai ulama oleh Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid.

"Barangkali mereka menganggap ulama itu apa gitu ya? Berarti kalau mereka bilang ulama, tanya saja. Dasarnya ulama apa?" kata KH Ma\'ruf Amin di iNews Center, Jakarta, Selasa (19/9/2018), dilansir Suara.com.

Tak hanya itu, Ma\'ruf enggan berkomentar perihal arti kata ulama. Dia meminta masyarakat menanyakannya kepada Hidayat Nur Wahid soal alasan penyebutan bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 itu sebagai ulama.

"Saya tidak mau berkomentar. Yang memberi label alasannya apa?" ujar Ma\'ruf Amin.

Sebelumnya Wakil Ketua Majelis Syuro Hidayat Nur Wahid membeberkan pengertian ulama, sebagai dasar ia menyebut Sandiaga Uno sebagai pemuka agama Islam.

"Ada surat Alquran yang menjelaskan bahwa ulama itu juga bisa tidak terkait dengan keahlian dalam ilmu agama Islam. Dalam Surah As Suyro, ulama itu bisa dilekatkan pada orang yang ahli ilmu sejarah. Sedangkan Surah Al Fatir justru adalah saintis,” tuturnya.

Karena itu, Hidayat menilai Sandiaga Uno juga bisa disebut sebagai ulama. Sebab, keulamaan Sandiaga tercermin dari perilaku yang bersangkutan. "Menurut saya sih Pak Sandiaga itu ya ulama, dari kaca mata tadi. Perilakunya, ya perilaku yang juga sangat ulama," kata Hidayat.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom