SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PKS menilai dengan kenaikan Parliamantary Treshold (PT) bukan malah mematikan partai kecil. Justru, akan meningkatkan perolehan suara partai kecil karena adanya tren penurunan suara parpol besar.

“Dugaan PT ini justru akan membunuh parpol kecil salah. Karena partai kecil yang menggerogoti partai besar,” ujar Sekjen PKS Anis Matta dalam diskusi “Revisi UU Parpol, menghambat demokrasi?” di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/6).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Misalnya kata dia, Gerindra dan Hanura sebagai partai baru justru malah sudah memperoleh jumlah suara 4- 5 persen. Hal ini, kata dia suatu hal yang sangat luar biasa. Apalagi di pemilu mendatang diprediski akan mendapatkan suara diatas 5 persen.

Karena itu, dia menduga partai ke depan mendatang justru partai yang tingkatnya menengah. Suara parpol besar, kedepan kata dia akan banyak diambil dari partai- partai kecil. “Saya masih percaya ini memicu partai kecil jadi meningkat,” kata dia.

Apalagi, menurut Anis angka swing voter yang diperkirakan dia mencapai 30-40 persen. Bahkan, menurut dia dalam pemilu mendatang empat partai besar hanya mencapai 60 persen suara karena terdistribusi dengan parpol kecil.

inilah/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya