SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD PKS Karanganyar Darwanto saat diwawancara di ruang pimpinan DPRD setempat pada Rabu (27/3/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani W)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah partai nonparlemen, partai politik (parpol) menengah di Kabupaten Karanganyar mulai ikut menghangatkan dilakukan jelang Pilkada 2024.

Lobi-lobi politik dilakukan antarpartai hingga tokoh yang disebut-sebut berpeluang maju Pilkada Karanganyar. Salah satu parpol menengah itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Karanganyar, Darwanto, mengatakan penjajakan nonformal dengan semua pihak baik parpol maupun tokoh telah dilakukan. Selepas Lebaran ini, PKS juga segera menentukan arah dukungan dalam Pilkada yang akan digelar November 2024 mendatang.

“Setelah Syawal kita mulai pemanasan. Kalau kemarin baru sebatas lobi-lobi penjajakan nonformal, nanti resminya,” kata Darwanto, Rabu (17/4/2024).

Dia mengaku telah melakukan komunikasi dengan parpol peraih kursi di parlemen. Sementara komunikasi dengan partai nonparlemen belum dilakukan. PKS juga berkomunikasi dengan sejumlah tokoh yang namanya beredar bakal meramaikan pilkada. Namun saat ditanya siapa saja tokoh itu, Darwanto enggan menyebutkan lebih jauh. Yang jelas komunikasi telah berjalan.

Sesuai amanah Musyawarah Daerah (Musda), Darwanto mengatakan PKS akan memenangkan Pilkada Karanganyar baik sebagai pengusung maupun pendukung calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup). “Amanah Musda menang Pilkada bisa mengusung atau mendukung. Calonnya bisa dari eksternal maupun internal, semua sesuai kondisi,” kata dia.

Darwanto mengatakan PKS akan melakukan survei internal untuk menentukan cabup dan cawabup yang layak diusung maupun didukung. Tidak ada kriteria khusus, hanya calon tersebut harus bisa mengayomi semua dan tidak pilih-pilih setelah jadi.

“Kami sampaikan di awal penjajakan calon seorang pemimpin mengayomi dan merangkul semua,” katanya.

Diketahui saat ini sejumlah nama beredar bakal masuk bursa cabup dan cawabup yang akan diusung maupun didukung PKS Karanganyar. Nama-nama itu di antaranya Darwanto sendiri; istri almarhum Wakil Ketua DPRD Karanganyar Rohadi Widodo, dr Hadiasri Widiasari; Paryono; dan lainnya.

Terkait dengan beredarnya sejumlah nama yang masuk bursa cabup dan cawabup bakal diusung PKS di Pilkada Karanganyar, Darwanto menyampaikan itu hanya isu di masyarakat.

Sementara Ketua DPD PAN Karanganyar, Sri Sumarti, mengatakan baru melakukan komunikasi di internal partai untuk Pilkada Karanganyar. Belum ada pembicaraan lebih serius dengan partai politik (parpol) lain untuk arah politik PAN di Pilkada tersebut.

“Kami masih komunikasi internal. Kemungkinan dalam waktu dekat mulai komunikasi dengan partai lain,” kata dia.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam Pemilu kemarin terus berjalan hingga ke Pilkada Karanganyar. Hal ini tentunya akan selaras dengan KIM di tataran pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya