SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Solopos.com) – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah menyiapkan tim untuk menghadapi rencana PDI Perjuangan yang akan melakukan gugatan hukum terkait hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Salatiga, 8 Mei 2011.

Ketua DPW PKS Jateng, Abdul Fikri Faqih, menyatakan tim telah mengumpulkan data pendukung hasil Pilkada Salatiga yang dimenangani pasangan yang didukung PKS, Yulianto-Muh Haris (Yaris). “Kami menugasi Ketua DPD PKS Salatiga, M Fathur Rahman, bergabung dengan tim yang diketuai Prof Haryoko,” katanya di Semarang, Jumat (13/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim yang beranggotakan sejumlah orang, lanjut Fikri, merupakan tim pemenangan pasangan Yulianto-Muh Haris dan berasal dari berbagai kalangan, termasuk pengacara. Selain PKS, tim pemenangan juga beranggotakan dari partai pendukung lain yakni Partai Indonesia Sejahtera (PIS), Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Demokrat.

“Kami berharap tak ada gugatan atas hasil Pilkada Salatiga, tapi kami siap hadapi gugatan pihak yang kalah,” tandas Fikri. Diberitakan sebelumnya, PDIP menyiapkan gugatan terhadap hasil Pilkada Kota Salatiga 2011, menyusul kekalahan jagonya, Diah Sunarsasi-M Teddy Sulistio (Dihati).

Wakil Ketua DPD I PDIP Jateng, Alwin Basri, menyatakan pihaknya sudah memiliki berbagai bukti tentang kecurangan yang dilakukan pasangan calon lain. Menurut dia, PDIP menemukan banyak pelanggaran dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Salatiga, Minggu lalu.

Dari hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga, pasangan Yuliyanto-Muh Haris meraih 34.019 suara (43,94%). Disusul Diah Sunarsasi-Teddy meraih 28.905 suara (37,34%). Sedangkan pasangan Bambang Soetopo-Rosa Darwanti meraih 10.254 suara (13,24%) dan Bambang Supriyanto-Adriana Susi Yudhawati meraih 4.227 suara (5,46%).

oto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya