SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Usulan Dirut PLN Dahlan Iskan yang ingin menggratiskan listrik untuk orang miskin, mendapat dukungan PKS. Ketua DPP PKS Zulkieflimansyah menilai usulan itu sangat tepat dan layak diikuti oleh BUMN lainnya, termasuk pertamina.

“Sudah saatnya pemerintah tidak membebani rakyat kecil, dan di sisi lain tidak mensubsidi golongan yang lebih mampu,” papar Zul kepada detikcom, Minggu (13/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut anggota Komisi VII yang membidangi listrik dan energi ini, langkah Mantan CEO Jawapos Groups ini bisa mengurangi kesenjangan seperti yang diharapkan Presiden SBY. Karena itu, BUMN lainnya harus membuat terobosan yang sama, agar konsep kesejahteraan bisa dinikmati secara nyata.

“Terobosan ala Dahlan Iskan ini layak juga diikuti BUMN lain seperti Pertamina dan lainnya,” tegasnya.

Doktor lulusan Amerika ini menilai, pemerintah ke depan perlu diisi orang-orang seperti Dahlan Iskan yang mempunyai langkah terobosan tinggi tetapi tetap menjaga kredibilitas dan integritasnya. Dengan cara itulah, program pemerintah akan lebih terasa oleh rakyat.

“Kita butuh lebih banyak lagi pemimpin model Dahlan Iskan yang berani membuat terobosan dengan integritas tinggi,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dirut Utama PLN Dahlan Iskan menantang para politisi di Senayan untuk menggratiskan masyarakat miskin mendapatkan aliran listrik.

Dasar usulan Dahlan adalah dengan memberikan seluruh subsidi kepada golongan masyarakat miskin (pengguna 450 MW) dan pembayaran normal atau sebesar biaya produksi listrik (Rp 1.000 per kwh) oleh golongan lain. Maka PT PLN akan kehilangan dana sebesar Rp 1,5 triliun tetapi dapat penerimaan sekitar Rp 30 triliun.

“Saya challenge (tantang) ke DPR, kenapa yang miskin nggak dikasih gratis. Biarin saya dibilang gila, tapi kalau mau mementingkan yang miskin ya dikasih gratis saja,” tegasnya dalam forum dengan wartawan di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Sabtu (12/6) kemarin.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya