SOLOPOS.COM - ANTRE MAKANAN -- Para pengungsi mengantre pembagian makanan dari sebuah dapur umum di wilayah Hoda, selatyan Ibukota Somalia, Mogadishu. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Jakarta (Solopos.com) – Lembaga kemanusiaan PKPU, Kamis (8/9/2011) memberangkatkan tim untuk menanggulangi bencana kemanusian yang ada di Somalia. “Tadi pagi, PKPU mengirimkan tim yang terdiri atas empat orang. Tim ini bertugas memberikan bantuan pada pengungsi Somalia yang ada di Nairobi,Kenya. Setelah itu baru dilanjutkan ke Mogadishu, Somalia,” ujar Deputi CEO Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU, Sri Adi Bramasetia.

Dijelaskannya, tim ini nantinya akan memberi bantuan pangan bagi para pengungsi. Sasarannya, lanjut dia, adalah para ibu dan anak. “Tim sudah dibekali uang senilai Rp400 juta yang akan dibelanjakan bahan pangan sesampai di sana,” tegas dia. Terdapat tiga program yang dijalankan oleh tim yakni pertolongan, pemulihan dan meningkatkan taraf hidup pengungsi. Tim ini, lanjut dia, merupakan tim kedua yang dikirim ke Somalia. Sebelumnya pada awal Agustus, PKPU sudah mengirimkan tim yang bertugas mengumpulkan data di lapangan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

ANTRE MAKANAN -- Para pengungsi mengantre pembagian makanan dari sebuah dapur umum di wilayah Hoda, selatan Ibukota Somalia, Mogadishu. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

“Insya Allah, kita akan terus mengirimkan tim hingga satu tahun kedepan, karena kelaparan di Somalia ini cukup kompleks,” ujar Bramasetia. Hal ini, lanjut dia, karena terjadinya isolasi akibat perang saudara yang berlangsung selama 20 tahun. Ditambah lagi musim kering yang terjadi di Afrika. “Kita juga mengimbau masyarakat untuk terus memberikan bantuan pada Somalia,” imbuh dia.

Somalia sendiri sejak pertengahan tahun lalu menyerukan bantuan internasional untuk mengatasi bencana kelaparan di negara dengan garis pantai terpanjang di Afrika itu. Berdasarkan data PBB, setiap harinya terjadi dua kematian dari 10.000 jiwa setiap harinya. Kelaparan ini menyerang 1,85 juta jiwa atau setengah dari penduduk Somalia. PBB melansir kelaparan yang melanda Somalia bagian selatan itu akan terus meluas, walaupun bantuan internasional berdatangan.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya