SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Benda Cagar Budaya (BCB) di Alun-alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (18/4/2016). Anggota DPRD Solo mengusulkan Alun-alun Selatan menjadi lokasi untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market yang akan direlokasi dari kompleks Stadion Manahan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

PKL Solo, Wali Kota Solo menilai Alkid paling cocok menjadi lokasi baru Sunday Market Manahan.

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menilai Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo manjadi lokasi yang paling cocok untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market di kompleks Stadion Manahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut disampaikan Rudy setelah berdialog langsung dengan Pelaksana Tugas (Plt) Paku Buwono (PB) XIII Keraton Solo, K.G.P.H. Puger di Alkid, Selasa (19/4/2016). Rudy menyebut Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sementara tidak punya pilihan lokasi lain selain di Alkid untuk mewadahi PKL Sunday Market. Dia yakin Alkid mampu menampung seluruh PKL Sunday Market.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jumlah PKL sebetulnya tergantung yang mengatakan. Dari sana bilang lebih dari 1.000 PKL. Kalau saya mendata sendiri, bisa kurang atau malah lebih. Yang utama bukan jumlah PKL, namun tempat yang disediakan ini [Alkid] nampaknya sisa. Cukup lah untuk menampung PKL. Paling cocok di sini [Alkid]. Kami tidak punya pilihan [lokasi] yang lain,” kata Rudy.

Rudy menyampaikan pertimbangan lain memindah PKL Sunday Market ke Alkid, yakni untuk menghidupkan kembali ruang publik tersebut. Dia mengutarakan Alkid bisa menjadi salah satu pusat untuk bertemunya pedagang kuliner se-Soloraya. Malah, lanjut Rudy, agenda-agenda rutin bisa terselenggarakan agar Alkid menjadi destinasi wisata baru.

“Kalau [PKL Sunday Market] ini kan hanya setiap Minggu. Kalau setiap weton-nya sampeyan dalem, bisa mengadakan agenda seperti festival kuliner, temu kuliner, grebeg kuliner, atau apa pun, namun ditata betul, Alkid bisa jadi destinasi baru. Bagaimana menata kembali Alkid supaya bisa hidup kembali,” ujar Rudy.

Ditanya terkait rencana waktu Pemkot memindahkan PKL Sunday Market ke Alkid, Rudy belum bisa mengatakan secara lugas. Apabila lokasi sudah dipastikan, dia baru akan menentukan waktu untuk relokasi PKL Sunday Market. Rudy mengatakan saat ini Pemkot masih memasuki tahap pembicaraan dengan pihak Keraton Solo untuk menentukan kepastian penggunaan Alkid.

Sementara itu, Plt PB XIII Keraton Solo, K.G.P.H. Puger, mengizinkan Pemkot merelokasi PKL Sunday Market dari kompleks Stadion Manahan ke Alkid. Menurut dia, Alkid mampu menampung ribuan PKL Sunday Market. Puger menyampaikan keberadaan PKL nantinya harus ditata agar tidak mengganggu aktivitas olahraga di Alkid. Dia menyebut Alkid siap menampung PKL mulai akhir Mei.

“Kami hitung dulu yang mau masuk Alkid berapa? Space Alkid yang mau digunakan untuk PKL juga harus ditentukan dulu. Jangan sampai space ini tidak digunakan masyarakat. Meski demikian, Alkid harus digunakan dengan aturan yang ada. Kalau mau ditata bagus, justru pendagang yang untung dan laris,” terang Puger.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya