SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Benda Cagar Budaya (BCB) di Alun-alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Senin (18/4/2016). Anggota DPRD Solo mengusulkan Alun-alun Selatan menjadi lokasi untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market yang akan direlokasi dari kompleks Stadion Manahan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

PKL Solo, Pihak Keraton merasa ketiban sampah tentang wacana penggunaan Alkid untuk relokasi.

Solopos.com, SOLO– Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Solo K.P. Eddy Wirabhumi, khawatir kawasan Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo rusak setelah kelimpahan pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market dari Stadion Manahan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami seperti ketiban sampah terus. Lihat saja kondisi Alun-alun Utara [Alut]. Bagaimana kondisi PKL di sana? Alut seharusnya dikelola bersama-sama [antara Keraton dengan Pemkot]. Tapi di mana Pemkot?” kata Eddy saat dimintai komentar Solopos.com soal wacana relokasi PKL Sunday Market ke Alkid, Senin (18/4/2016).

Eddy menceritakan Keraton sedang menyusun konsep penataan Alkid. Dia menyampaikan Keraton belum mau memikirkan rencana Pemkot untuk merelokasi PKL Sunday Market dari kompleks Stadion Manahan ke Alkid. Eddy menyarankan kalangan dewan maupun Pemkot mencari alternatif tempat selain di Alkid.

“Pertimbangan relokasi tempat tidak boleh sembarangan. Tidak boleh asal pindah. Harus menggunakan kajian utuh, seperti Amdal. Lahan di atas Terminal Tirtonadi juga luas. Kami tidak mau Alkid jadi semrawut kalau ketiban PKL Sunday Market. Di Alkid sudah ada banyak pedagang yang menggelar dhasaran,” jelas Eddy.

Eddy menyarankan Pemkot merelokasi PKL Sunday Market ke kawasan Benteng Vastenburg yang memiliki tenpat luas. Selain itu, Benteng Vastenburg tidak digunakan untuk aktivitas olahraga seperti di Stadion Manahan maupun Alkid. Eddy menyampaikan Alkid kerap digunakan masyarakat untuk olahraga.

“Kalau PKL dipindah karena Manahan ingin dikembalikan menjadi ruang untuk olahraga, demikian juga di Alkid. Alkid kerap digunakan untuk berolahraga. Apabila kedatangan PKL, kegiatan olahraga di Alkid gikiran yang terhambat,” jelas Eddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya