SOLOPOS.COM - Puluhan PKL membuka lapak di jalan depan Pasar Hewan Madiun, Kamis (27/8/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

PKL di Madiun mengganggu kenyamanan pengguna jalan di depan Pasar Hewan Madiun jika tidak ada penataan.

Madiunpos.com, MADIUN — Puluhan pedagang kaki lima (PKL) selalu membanjiri badan jalan di depan Pasar Hewan Madiun, Jawa Timur (Jatim), setiap pasaran Pon sesuai penanggalan Jawa.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah seorang PKL, Sumiati, 56, mengatakan Pasar Hewan Madiun selalu ramai setiap Pon. Menurut dia, banyak pedagang maupun pembeli sapi dan kambing datang ke Pasar Hewan Madiun untuk melakukan transaksi hanya pada pasaran Pon.

Ekspedisi Mudik 2024

Kehadiran PKL, lanjut Sumiati, untuk menjaring pedagang dan pembeli dari Pasar Hewan Madiun. “Kalau Pon, Pasar Hewan Madiun ramai. Kami memanfaatkan kesempatan itu untuk berjualan juga. Sasaran pembeli kami tentu para pedagang dan pengunjung  Pasar Hewan Madiun. Hanya sedikit pembeli dari luar [Pasar Hewan Madiun],” kata Sumiati kepada Madiunpos.com di lapaknya, Kamis (27/8/2015) pagi.

Berdasarkan pantauan Madiunpos.com di lokasi, tidak hanya makanan, PKL di depan Pasar Hewan Madiun juga menjual beragam barang, seperti pakaian, perkakas alat rumah tangga, bahkan burung.

Asal Bayar Rp1.000
Meskipun lapak didirikan di tepi jalan, nyatanya dampak dari keberadaan PKL itu nyata, yakni membuat macet jalan di depan Pasar Hewan Madiun. Beberapa pembeli bahkan dengan santainya berjalan di tengah jalan tanpa menghiraukan laju kendaraan.

“Cuma Pon kami datang ke sini [jalan di depan Pasar Hewan Madiun]. Asal bayar Rp1.000, kami bebas berjualan. Selain Pon, kami berdagang masing-masing. Ada PKL yang pindah berjualan di tempat lain. Sedangkan saya, berjualan makanan dengan berkeliling ke perkampungan,” ujar Sumiati.

Anggota staf Pasar Hewan Madiun, Hartoyo, mengatakan tidak ada larangan bagi PKL membuka dasaran di jalan depan Pasar Hewan Madiun. Menurut dia, kehadiran PKL bisa dimaklumi karena tidak setiap hari menjajakan barang dagangan di sekitar Pasar Hewan Madiun.

Hartoyo meyampaikan pula para PKL harus meninggalkan jalan di depan Pasar Besar Madiun setelah pukul 12.00 WIB.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya