Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo. (Facebook.com-Kantor Perwakilan)

Solopos.com, SEMARANG — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (PKK) Jawa Tengah mencanangkan Kesatuan Gerak PKK Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan Tingkat Jawa Tengah demi memudahkan koordinasi.

"Saya mengimbau kepada para kader PKK bekerja sama dengan penyuluh KB, bidan, tenaga medis yang ada di lapangan dalam melakukan advokasi, komunikasi, memberikan edukasi dan informasi mengenai program KKBPK dan kesehatan, agar masyarakat tergerak berperilaku hidup sehat, mau menjadi peserta KB, dan berpartisipasi dalam kelompok kegiatan," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Supriyanti.

Hal tersebut disampaikan Siti Atikoh pada acara pencanangan Kesatuan Gerak PKK KKBPK yang berlangsung di Aula Swadaya Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, Jl. Menteri Supeno, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (20/9/2019). Ikut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino serta stakeholder terkait.

Siti Atikoh berharap seluruh tingkatan mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten, serta kota dapat aktif dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan. "Saya harap TP PKK kabupaten/kota dapat bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan secara berjenjang mulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan kota. Apalagi hal tersebut sejalan dengan program pokok PKK yakni kesehatan, kelestarian lingkungan, dan perencanaan sehat," kata Atikoh.

Menurut Atikoh, KKBPK telah dikelola secara serius dan militan oleh para kader PKK hingga tingkat RT, masyarakat juga telah mendapatkan pemahaman tentang perencanaan keluarga yang ideal melalui sosialisasi dan KIE yang dilakukan para kader PKK. "PKK juga telah berhasil menggerakkan partisipasi masyarakat untuk secara bergotong-royong meningkatkan kesejahteraan keluarga yang bermuara pada terbentuknya keluarga kecil yang sehat dan berkualitas," katanya.

Dalam waktu dekat, tambah Atikoh, akan ada lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tahun 2019 dan Percepatan Pencapaian Target Pelayanan KB di Jawa Tengah karena daya ungkitnya yang cukup besar terhadap pencapaian kinerja Program KKBPK. Pertemuan tersebut dihadiri 150 peserta yang terdiri atas unsur PKK provinsi, kabupaten khususnya Pokja IV, OPD KB kabupaten Kota, dan mitra kerja terkait.

"Setelah dicanangkan, para pengurus dan kader PKK dapat memiliki persepsi yang sama tentang pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan, sehingga mantap dalam persiapan pelaksanaan evaluasi Posyandu, PHBS, LBS, dan PKK-KKBPK–Kesehatan," demikian Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten