PKB Yakin Peroleh 2 Kursi di DPRD Boyolali, Ini Nama Calegnya
Logo Partai Kebangkitan Bangsa. (pkb.or.id)

Solopos.com, BOYOLALI—Dinamika perolehan kursi DPRD Boyolali hasil Pemilu Legislatif 2019 terus bergerak seiring munculnya perhitungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diprediksi meloloskan dua kadernya ke lembaga legislatif.

Dinamika perolehan kursi kemungkinan bakal menghangat lantaran sejumlah partai politik telah memiliki proyeksi masing-masing, yang jika diakumulasikan, jumlah calon anggota legislatif (caleg) yang diprediksi melenggang ke DPRD masih lebih dari 45 orang.

Sebut saja, PDIP optimistis 35 caleg lolos, Golkar juga optimistis meloloskan 5 kadernya, PKS juga optimistis mempertahankan 4 kursi, Gerindra kemungkinan besar hanya lolos 1 kursi, sedangkan PKB yakin dengan 2 kursi.

Dari komposisi itu, artinya masih ada kemungkinan pergeseran perolehan jumlah kursi, lantaran jumlah wakil rakyat yang dibutuhkan hanya 45 orang. Parpol pun akan menunggu ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan perhitungan internal PKB dan pleno sampai dengan tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PKB yakin bisa mengantarkan dua calegnya ke DPRD Boyolali.

Keduanya wajah baru. Mereka adalah Jasri dari dapil III (Wonosegoro, Kemusu, Juwangi, Karanggede) dan Eko Mujiono dari dapil V (Banyudono, Sawit, Sambi, Ngemplak).

Sekjen Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Boyolali, Andi Setyo Wibowo, mengatakan prediksi tersebut didasarkan perhitungan internal dan rapat pleno PPK di dapil V.

Dapil Neraka

“Berdasarkan hasil rapat pleno PPK dan hitungan internal, kami mendapatkan dua kursi. Di dapil III kursi ke-8 dari kouta 8 kursi yang ada, atas nama Jasri, caleg nomor 2 asal Kemusu. Dapil V hitungan kami kursi ke-7, dari 10 jatah kursi yang ada dapat satu lagi [Eko Mujiono],” terang Andi, kepada Solopos.com, Sabtu (27/4).

Dengan tetap mempertahankan dua kursi, PKB menilai hal ini sebagai kejutan di tengah situasi pemilu yang sangat liberal dan sangat transaksional.

“Bahkan menjadi kejutan bagi semua partai bahwa kami dapat kursi di dua dapil neraka,” ujar Andi yang juga menjabat Sekretaris I PKB Boyolali ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho