SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Aceh. (JIBI/Solopos/Antara/Irwansyah Putra)

PKB menyerukan tokoh agama ASEAN menekan pemerintah dan militer Myanmar atas tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengajak tokoh agama di ASEAN untuk bersama mendesak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menekan Pemerintah Myanmar agar menghentikan aksi kekerasan terhadap etnis Rohingya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, PBB perlu membentuk pasukan kemanusiaan guna menghindari korban lebih banyak. Sejauh ini dilaporkan telah ribuan orang tewas dan kehilangan tempat tingal akibat aksi kekerasan rezim militer Myanmar.

Sedangkan bentuk aksi lainnya adalah PBB harus membuka akses selebar-lebarnya agar para korban kekerasan bisa menadapakan bantuan kemanusiaan. Muhaimin, yang akrab disapa Cak Imin, juga meminta PBB melakukan upaya pencarian fakta. Pasalnya, sudah setahun lebih aksi kekerasan berlangsung, namun fakta di lapangan masih simpang siur.

Terkait bantuan kemanusiaan, Cak Imin menyatakan pihaknya telah menggalang bantuan. “Insya Allah seluruh keluarga besar PKB dan NU seluruhnya menyerahkan gaji satu bulan kita kirim ke Rohingya. Warga NU entah itu PNS, DPR, kepala daerah sampai menteri, saya minta untuk memberikan gajinya satu bulan,” ujarnya seusai mengunjungi Wihara Dharma Bkati (Cin Te Yen), Jl. Kemenangan No. 3, Jakarta Barat, Minggu (3/9/2017).

Pada bagian lain Cak Iin juga meminta seluruh pemuka agama bersatu padu menekan pemerintah Myanmar untuk menghentikan semua kekerasan kepada warga Rohingnya. Apapun alasannya, perbedaan atau konflik kepentingan hendaknya mengedepankan kemanusiaan. “Tidak boleh lagi ada yang mengalami kekerasan,” ujar Cak Imin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya