SOLOPOS.COM - Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah membuka penjaringan atau pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Semarang 2024. Hingga kini, sudah ada enam orang yang mengambil formulir pendaftaran dimana satu di antaranya adalah A.S. Sukawijaya atau Yoyok Sukawi.

Ketua DPC PKB Kota Semarang, Muhammad Mahsun, mengatakan selain Yoyok Sukawi, ada lima orang lagi yang telah mengambil formulir pendaftaran sebagai balon wali kota dan wakil wali Kota Semarang dari PKB. Kelima orang itu yakni mantan Wali Kota Semarang 2010-2013, Soemarmo HS; Direktur PDAM Indramayu, Ady Setiawan; Asisten Tenaga Ahli Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Reyhan Aryaputra Purnomo; anggota DPRD Jateng dari Partai Demokrat, Bambang Eko Purnomo; dan Ketua PW Fatayat Jateng yang juga anggota DPRD Jateng dari PKB, Tazkiyatul Mutmainnah.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Yang sudah mengambil formulir ada enam orang. Terus yang mengembalikan formulir baru dua orang, Pak Soemarmo sama Pak Ady Setiawan,” kata Mahsun.

Tak hanya itu, Mahsun mengaku sudah ada dua tokoh lain yang berkomunikasi untuk mengambil formulir. Namun ia hanya membocorkan nama satu orang, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin.

“Informasi yang sudah langsung ke saya mau daftar tapi belum mengambil formulir, ya ada politisi PPP. Pak Sekda juga sudah silaturahmi, sudah berniat juga kabarnya mau mengambil formulir tapi belum, hanya utusannya yang sudah menginformasikan,” ungkapnya.

Mahsun mengatakan saat ini PKB yang hanya memiliki 5 kursi di DPRD Semarang, atau tidak memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilwalkot Semarang 2024. Oleh karenanya, PKB pun membutuhkan koalisi dengan partai lain, salah satunya dengan Partai Demokrat.

“Bisa dikatakan masih lobi-lobi [dengan Demokrat]. Kami terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, tidak hanya dengan Demokrat tapi dengan partai lain. Nanti kami akan sampaikan ke DPP sejauh mana komunikasinya,” jelasnya.

Sementara itu, Yoyok Sukawi, membenarkan bila telah mengambil formulir pendaftaran balon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Semarang 2024 di PKB. Anggota Komisi X DPR ini juga mengaku telah mendapat restu dari partainya, Demokrat untuk maju sebagai calon wali kota Semarang.

“Itu [pengambilan formulir] komunikasi DPC [Demokrat] dengan PKB. Insyaallah setelah komunikasi nanti, akan saya kembalikan formulir pendaftarannya,” ujar CEO PSIS Semarang itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya