SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Pisang, buah beraroma wangi ini sarat akan nutrisi. Selain itu bagi Anda yang rajin makan si kuning ini akan memperoleh manfaat istimewa karena pisang ternyata dapat mencegah serangan stroke.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Tameng” tersebut berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang ada pada pisang. Sebuah pisang matang memiliki  99 kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 mg karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor , 0,5 mg zat besi, 0,08 mg Vitamin B, 3 mg Vitamin C dan 72 gram air.

Salah satu studi, seperti dilansir dari detikFood, Selasa (31/1/2012) menyebut mereka yang mengkonsumsi sedikitnya tiga pisang dalam sehari yang disantap sebuah saat sarapan, satu buah ketika makan siang dan sebuah lagi saat makan malam memiliki resiko lebih kecil terserang stroke.

Pasalnya makan cukup kalium dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah di otak sekitar 21%. Penelitian terbaru ini diterbitkan oleh Journal of American College of Cardiology.

Lebih lanjut dijabarkan, pisang rata-rata mengandung sekitar 500 miligram kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Nah tekanan darah tinggi adalah faktor resiko terbesar dalam munculnya serangan stroke.

Sementara kandungan asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan potasium.yang ada pada pisang berperan penting untuk mendorong produksi serotonin atau hormon kebahagiaan. Hormon inilah yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat, tenang serta nyaman.

Tetapi meski beberapa studi sebelumnya menyebutkan pisang dapat mengendalikan tekanan darah dan mencegah stroke serta penyakit jantung namun jika dikonsumsi tidak teratur hasil yang didapat pun tidak optimal.

JIBI/SOLOPOS/Tutut Indrawati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya