SOLOPOS.COM - Kondisi saluran instalasi pengolahan air limbah Kedung Tungkul di tebing Kali Anyar, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, yang ambrol, Jumat (10/1/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Pipa saluran instalasi pengolahan air limbah (IPAL) berdiameter sekitar 30 sentimeter di tebing Kali Anyar timur jembatan sisi utara sungai, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, ambrol.

Pantauan Solopos.com, Jumat (10/1/2020) pukul 18.00 WIB, tiga ruas pipa terperosok di tepi sungai. Air keruh mengalir ke aliran sungai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu warga RW 001 Kelurahan Mojosongo, yang biasa menjala ikan setiap sore di Kali Anyar, Mardi, 30, mengaku tidak tahu pasti kapan pipa itu ambrol. Ia mengetahui pipa ambrol Kamis (9/1/2020) lalu ketika menjala ikan di bawah jembatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Bayi Perempuan Baru Lahir Ditemukan di Halaman Rumah Warga Ngemplak Boyolali

"Saya lihat pipa sudah ambrol. Kemungkinan terjadi saat hujan karena aliran air [debit] lebih besar," katanya kepada Solopos.com di bantaran Kali Anyar, Jumat.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Perumda Air Minum Toya Wening (PDAM) Solo, Bayu Tunggul, mengatakan sudah mendapatkan laporan mengenai pipa yang rusak tersebut. Pipa instalasi pengolahan air limbah itu ambrol pada pada Selasa (7/1/2020).

Lahan Bekas Terminal Kartasura Untuk Gedung II RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo

Direktur Utama (Dirut) PDAM, Agustan, menjelaskan timnya sudah ke lokasi untuk mengecek kerusakan pipa. Pipa rusak karena tanahnya longsor.

"Kami sudah ke lokasi pukul 14.00 WIB. Rencananya tadi sore mau dimulai perbaikan tapi karena hujan deras ditunda besok pagi," katanya.

Dia menjelaskan perbaikan dilakukan dengan cara memasang empat pipa yang jatuh ke sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya