SOLOPOS.COM - Air tampak menggenangi halaman rumah milik warga bernama Imam Hanafi di Dusun Derwolo, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Kamis (3/12/2015). (Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

Pipa PDAM Kulonprogo bocor, sehingga air menggenang di halaman rumah warga

Harianjogja.com, KULONPROGO-Jaringan pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun di wilayah Dusun Derwolo, Desa Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo mengalami kebocoran, Kamis (3/12/2015). Akibatnya, halaman rumah milik seorang warga tergenangi air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemilik rumah, Imam Hanafi mengaku pertama kali mengetahui kebocoran tersebut pada Kamis pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, halaman rumahnya yang terletak di pinggir jalan sudah tergenang air setinggi dua hingga lima sentimeter.

Ekspedisi Mudik 2024

Air tersebut mengalir hingga ke halaman belakang. “Padahal semalam belum ada apa-apa. Kayaknya ini pipa PDAM,” kata Imam, Kamis siang.

Titik kebocoran terletak di dekat tiang penunjuk jalan dan penerangan jalan umum (PJU). Imam merasa genangan air yang timbul menganggu aktivitas usaha toko kelontongnya. Beberapa konsumen jadi ragu untuk berhenti, misalnya saat ingin membeli bensin.

Imam memaparkan, kebocoran tersebut tidak hanya membawa air, tetapi juga pasir. Pasir itu diduga berasal dari material badan jalan. Meski demikian, kebocoran itu dinilai tidak mengganggu kelancaran layanan PDAM di rumahnya.

“Saya juga pelanggan PDAM tapi ini airnya masih lancar. Mungkin jalur pipanya lain,” ujar pria kelahiran 1979 silam itu.

Dua petugas dari PDAM Tirta Binangun datang untuk melakukan pengecekan awal. “Kami belum tahu persis apa penyebabnya. Bisa banyak faktor,” kata Agung Himawan, salah satu petugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya