SOLOPOS.COM - Direktur Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid, (Antara-Novi Abdi)

Solopos.com, PENAJAM — Pemasangan jaringan pipa untuk distribusi air bersih sepanjang 120 km di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menelan anggaran dana senilai lebih kurang Rp44,3 miliar. Kawasan itu adalah bagian dari kawasan di sekitar calon ibu kota baru Indonesia.

Direktur Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid, saat ditemui di Penajam, Selasa (8/9/2020), mengatakan pemasangan pipa distribusi air bersih dinyatakan rampung sejak awal 2019. "Anggaran yang dikeluarkan pemerintah kabupaten untuk membangun jaringan pipa distribusi air bersih itu mencapai sekitar Rp44,3 miliar," jelasnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemasangan jaringan pipa berukuran 12 inci sepanjang 120 km tersebut untuk peningkatan distribusi air bersih Perumda Air Minum Danum Taka.

Taman Nasional Baluran Lepas Liarkan 2 Banteng Jawa

Pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Penajam itu meliputi Kelurahan Penajam, Nenang, Sungai Parit, Lawe-Lawe, Petung, serta Desa Girimukti dan Sidorejo. Namun, Perumda Air Minum Danum Taka belum bersedia menggunakan jaringan pipa distribusi air bersih tersebut dengan dalih belum diuji coba secara kualitas.

Dari sisi anggaran kata Abdul Rasyid, lembaganya belum siap menggunakan jaringan pipa distribusi air bersih yang baru karena butuh biaya cukup besar. "Kalau sudah tuntas uji coba kualitas dari proyek pembangunan atau pemasangannya dan pipanisasi untuk distribusi air bersih baru itu aman, kami baru terima," ujarnya.

Interkoneksi Jaringan Lama

"Sudah ada juga yang kami manfaat jaringan pipa distribusi yang baru sekitar 20 km sampai 29 km di depan Taman Rozeline interkoneksi dengan jaringan pipa distribusi yang lama," tambah Abdul Rasyid.

Pemasangan jaringan pipa distribusi air bersih dan transmisi lanjut ia, menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang merupakan instansi pemerintah pusat. Sedangkan pipa tersier atau pelayanan distribusi air bersih yang tersambung ke rumah-rumah pelanggan Abdul Rasyid menimpali lagi, merupakan tanggung jawab Perumda Air Minum Danum Taka.

Kabupaten Penajam Paser Utara kerap disebut-sebut sebagai lokasi proyek pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo yang berambisi memindah ibu kota negara di DKI Jakarta. Calon ibu kota baru itu meliputi juga beberapa wilayah kabupaten di sekitarnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya