SOLOPOS.COM - Pintu air Waduk Gajah Mungkur (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Pintu air Waduk Gajah Mungkur (JIBI/SOLOPOS/Dok)

WONOGIRI — Pintu Waduk Gajah Mungkur (WGM) kembali dibuka dengan pengeluaran 100 meter kubik per detik pada pukul 08.00 WIB, Senin (8/4/2013). Pintu bendung tersebut dibuka karena tinggi muka air mencapai 136,05 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi, mengatakan pintu bendung akan dibuka hingga tinggi muka air sekitar 135,98 mdpl. “Pada Sabtu dan Minggu (6-7/4/2013), curah hujan di daerah hulu seperti di wilayah Kecamatan Baturetno, Tirtomoyo dan Jatisrono, cukup tinggi. Jadi, menambah ketinggian air,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Menurutnya, pada pukul 15.00 WIB, Senin, tinggi muka air masih 136,04 mdpl. Sedangkan di Jurug, Solo, lanjut dia, kondisinya masih siaga sehingga pihaknya berani membuka pintu WGM. “Beberapa hari lalu, kami mendapat informasi dari BKMG bahwa awal musim kemarau pada pertengahan April. Setelah ini, kami tinggal mengisi untuk cadangan musim kemarau,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya