Pintu Tol Depan Bandara Adi Soemarmo Dibangun Sebelum Lebaran
Sejumlah pengendara mobil melintasi ruas jalan tol Solo-Ngawi di Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Pembangunan Pintu Tol Bandara Adi Soemarmo di Ngemplak, Boyolali, terus disiapkan. Ditargetkan pintu tol tersebut siap dalam delapan bulan ke depan.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang memanfaatkan jalur Tol Ruas Solo-Ngawi disebut terus meningkat.

Per Tanggal Ini, Pemohon SIM di Satpas Polresta Solo Wajib Lulus Tes Psikologi

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Ari Wibowo, mengatakan pembangunan pintu tol yang berada di depan Bandara Adi Soemarmo dalam tahap pembangunan rumah pengganti bagi rumah yang terkena proyek.

"Saat ini kami masih menggarap bangunan pengganti dari rumah yang terdampak, sekitar 50 rumah," kata dia kepada solopos.com, Senin (10/2/2020).

Dikritik Anang Hermansyah, Nuca Solo Tereliminasi dari Indonesian Idol

Dia menargetkan pembangunan konstruksi pintu tol sudah bisa dilakukan sebelum Lebaran tahun ini atau sebelum pertengahan Mei.

Pembangunan Pintu Tol Bandara Adi Soemarmo ditujukan untuk memudahkan akses dari luar daerah langsung menuju Bandara Adi Soemarmo. Misalnya masyarakat Sragen atau Salatiga yang ingin menuju Bandara Adi Asoemarmo bisa menuju bandara melalui tol.

2 Hari Rute KA Bandara hingga Klaten Diuji Coba, Tarif Masih Rp0

Direncanakan, pintu tol di depan Bandara Adi Soemarmo terdiri atas empat gardu yakni dua gardu entrance atau pintu masuk dan dua gardu exit atau pintu keluar.

"Kami akan persiapkan jika dibutuhkan pelebaran. Jadi ketika nanti diperlukan pelebaran, tidak perlu pembebasan lahan lagi," kata dia.

Terkait jumlah kendaraan yang melewati jalur tol, Ari menyebutkan terus bertambah. Jika rata-rata harian jumlah kendaraan melintas di jalur Tol Solo-Ngawi pada 2019 sekitar 14.000 kendaraan, pada Januari 2020 naik menjadi sekitar 15.000 kendaraan.

Bawang Putih dari China Tak Sebarkan Virus Corona, Pedagang Minta Ini

Sebelumnya General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan adanya beberapa fasilitas pendukung diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung.

"Keberadaan terminal [bandara] baru diharapkan bisa mendukung peningkatan pelayanan bandara, terlebih dengan adanya pintu tol yang mengarah ke bandara serta adanya fasilitas kereta api bandara diprediksi akan mendongkrak jumlah pengunjung bandara," kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho