Tutup Iklan

Pintu Air Cek Dam Tukuman Kali Dengkeng Klaten Rusak, Awas Banjir!

Pintu air di Cek Dam Tukuman, Kecamatan Cawas, KLaten, rusak. Hal itu membuat sistem buka tutup pintu air di bendung itu tak maksimal.

Pintu Air Cek Dam Tukuman Kali Dengkeng Klaten Rusak, Awas Banjir!

SOLOPOS.COM - Kondisi pintu air Cek Dam Tukuman, Kecamatan Cawas, Klaten, yang rusak. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pintu air di Cek Dam Tukuman, Kecamatan Cawas, Klaten, rusak. Hal itu membuat sistem buka tutup pintu air di bendung itu tak maksimal.

Cek dam itu berada di Kali Dengkeng wilayah Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas. Cek dam memiliki enam pintu air guna mengatur aliran air terutama saat volume air sungai meningkat.

Kerusakan itu misalnya pada beton penyangga pintu air sebagian ada yang retak dan pecah. Selain itu, ada bagian pemutar pintu air yang pecah.

Penjaga pintu air Cek Dam Tukuman, Parno Sukoco, mengatakan kerusakan lain yakni pada dua pintu posisi as pemutarnya miring hingga pintu air macet. Kerusakan-kerusakan itu membuat pintu air Cek Dam Tukuman tak bisa dibuka secara maksimal.

“Supaya lancar lagi perlu ada servis,” kata Parno saat berbincang dengan Solopos.com, pekan lalu.

Parno menjelaskan kerusakan pintu air tersebut sudah terjadi sekitar akhir 2017 saat badai Siklon Cempaka. Pintu air tak kuat menampung banyaknya volume air sungai serta derasnya arus sungai.

kondisi itu diperparah dengan sampah yang menyumbat pintu air. Parno menjelaskan perbaikan sudah ia usulkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Klaten.

Ia berharap kerusakan pintu air cekdam itu segera diperbaiki agar pintu air bisa dibuka secara maksimal dan air tak meluber ke perkampungan di wilayah hulu. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Sudah beberapa kali saya usulkan. Yang penting pintu air bisa beroperasi secara maksimal dan kami tidak disalahkan warga,” jelasnya.

Camat Cawas, Sofyan, membenarkan kondisi pintu air di Cek Dam Tukuman mengalami kerusakan diperkirakan lantaran faktor usia bangunan serta kondisi volume air yang tak menentu. Ia menjelaskan perbaikan pintu air sudah diusulkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Hal ini lantasan Kali Dengkeng dan anak sungainya menjadi kewenangan BBWSBS. “Dalam Musrenbang juga akan kami usulkan kembali,” jelas dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (27/1/2019).

Selain perbaikan pintu air, Sofyan mengatakan diusulkan pula pembuatan tanggul permanen. Tanggul permanen itu diusulkan dibangun mulai dari Cawas, Japanan, Burikan, hingga Karangasem.

“Kami juga berharap ada pengerukan karena terjadi pendangkalan serta teknik penanganan darurat dengan pemasangan sak, logistik, serta beronjong kawat,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waspada! Klaster Perkantoran Covid-19 Mulai Muncul

Pekan ini ada tiga klaster perkantoran Covid-19 yang muncul di Kabupaten Kulon Progo, kantor pun terpaksa ditutup sementara.

Angkatan Udara Israel Serang Gaza Lagi

Gencatan senjata Palestina dan Israel terancam setelah Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Rabu (16/6/2021) pagi.

Sadari, Zodiak Ini Mungkin Jatuh Cinta Karena Uang!

Sadarkan Anda bahwa astrologi menengarai ada orang dengan tanda zodiak tertentu yang mungkin jatuh cinta karena uang?

Rumah Sakit Jiwa di Semarang Siapkan 115 Bed Isolasi

Untuk menyiapkan bed isolasi pasien Covid-19, RSJD Amino Gondohutomo harus memindahkan sejumlah pasien ODGJ ke bangsal lain.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.

Jalani Isolasi Mandiri, BCL Merasakan Sejumlah Gejala Covid-19

BCL merasakan sejumlah gejala saat hari ketiga karantina.