SOLOPOS.COM - Aktivitas pedagang berjualan di kios Pasar Klewer Timur, Solo. (Ivanovich AldinoJIBI/Solopos)

Pemkot Solo menargetkan relokasi pedagang Pasar Klewer timur ke kios darurat di Alut Keraton kelar Selasa.

Solopos.com, SOLO — Pedagang di Pasar Klewer sisi timur meminta kelonggaran waktu hingga Rabu (20/9/2017) untuk menyelesaikan perbaikan kios di pasar darurat Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo dan pemindahan barang dagangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memang sesuai instruksi Pemerintah Kota [Pemkot] Solo semuanya harus beres Selasa besok [19/9/2017]. Tapi hingga pagi ini proses pemindahan dan persiapan kios baru sekitar 40%, jadi kalau terpaksa besok belum selesai kami berharap maksimal Rabu semuanya selesai,” kata Humas Paguyuban Pedagang Pasar Klewer Timur, Tri Suwarni, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Paguyuban berharap pedagang bergegas mempersiapkan kepindahan ke pasar darurat agar sebagian pedagang yang sudah pindah ke pasar darurat tidak saling menunggu. Seorang pedagang, Moh. Rifan, sudah selesai memperbaiki kios di pasar darurat.

“Saya itu sebenarnya tinggal memindahkan barang dagangan tapi berhubung belum ada listrik ya nanti dulu,” ujar Rifan.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Senin, baru beberapa pedagang yang menempatkan barang dagangan di kios pasar darurat. Mayoritas pedagang masih memperbaiki kios, antara lain memasang dan memperbaiki rak. Sementara di Pasar Klewer timur masih padat aktivitas jual beli, terutama deretan pedagang sepatu.

Lurah Pasar Klewer, Edi Murdiarso, juga memperkirakan proses relokasi pedagang ke pasar darurat belum bisa selesai Selasa ini. Dia sudah mengomunikasikan progres tersebut kepada Dinas Perdagangan Kota Solo.

“Tenggat Selasa besok itu kan dibuat agar pedagang bisa segera pindah mengingat proyek revitalisasi Pasar Klewer ini harus segera dikerjakan dan semuanya siap kerja simultan, ini kan sudah mepet akhir tahun,” tutur dia.

Kendati demikian, Edi berharap kelonggaran waktu yang diberikan kepada pedagang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Paling tidak Rabu harus sudah beres. Pasar lama sudah harus bersih.”

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagiyo, jika seluruh pedagang sudah menempati pasar darurat proyek revitalisasi segera dimulai dengan membongkar pasar lama. “Yang jelas kalau semuanya sudah beres, pasar lama sudah bersih, langsung kami bongkar,” tutur Subagiyo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya