Pimpinan Perguruan Silat Banjarsari Solo Ditahan Polisi, Diduga Keroyok Pengunjung Kafe

Pimpinan salah satu perguruan silat di Banjarsari, Solo, IAP, dan temannya, EAS, ditangkap polisi diduga karena mengeroyok pengunjung kafe.

 Salah satu tersangka pengeroyokan pengunjung kafe, IAP, yang ditangkap Polresta Solo, Selasa (1/6/2021). (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Salah satu tersangka pengeroyokan pengunjung kafe, IAP, yang ditangkap Polresta Solo, Selasa (1/6/2021). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Pimpinan salah satu perguruan silat di Banjarsari, Solo, berinisial IAP, bersama satu orang lainnya, EAS, ditahan jajaran Satreskrim Polresta Solo, Selasa (1/6/2021). Keduanya diduga terlibat pengeroyokan pengunjung kafe.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, IAP dan EAS diduga melakukan tindak kekerasan itu pada Senin (31/5/2021) malam di Kafe Brotherhood Manahan dan pada Selasa (1/6/2021) dini hari di Wedangan Solid.

PromosiPentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Mereka ditahan selang 12 jam dari waktu terjadinya pengeroyokan. Para tersangka diduga memukul tiga korban, yaitu AS, warga Banjarsari, Solo, serta BT dan YN, warga Baki, Sukoharjo. YN dan BT diketahui merupakan anggota salah satu perguruan silat di Baki.

Baca Juga: Pembonceng Motor Berdiri Dalam Kondisi Bugil di Klaten Bakal Dijerat UU Pornografi Dan ITE

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, saat dimintai penjelasan wartawan, Rabu (2/6/2021), mengonfirmasi penahanan IAP yang merupakan ketua perguruan silat asal Banjarsari dan EAP.

"Sudah kami ringkus dua orang tersangka dalam kasus tersebut, dan kami masih kejar tersangka lain yang terlibat dalam aksi kekerasan secara bersama-sama terhadap tiga orang korban," ujarnya.

Tertangkap 12 Jam Setelah Kejadian

Kapolresta mengonfirmasi salah satu tersangka yang ditahan merupakan ketua perguruan silat di Banjarsari. "Selang 12 jam setelah kejadian [pengeroyokan] langsung kami bekuk kedua tersangka," sambungnya.

Baca Juga: Bukan Dari Pemudik, Ini Pemicu Lonjakan Kasus Covid-19 Klaten Sepekan Terakhir

Kapolresta menegaskan tidak menoleransi segala bentuk tindak premanisme dan kekerasan. Sementara itu, kronologi pengeroyokan oleh ketua organisasi perguruan silat asal Banjarsari, Solo, bersama temannya itu bermula ketika EAS terlibat cekcok dengan korban saat berjoget.

Ketika itu IAP mencoba melerai percekcokan dengan menyeret korban AS keluar. Setelah itu korban dipukul oleh IAP di bagian bibir hingga terluka. Tak lama kemudian IAP dan teman-temannya bergeser ke Wedangan Solid Manahan.

Di lokasi itu IAP dan rekannya bertemu korban YN dan BT. Tidak lama kemudian IAP dan rekannya kembali terlibat cekcok dengan YN yang berbuntut pemukulan oleh IAP. Diduga korban YN dipukul IAP sebanyak dua kali hingga terjatuh.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Wali Kota Solo Gibran Role Model Agen Pancasila

Tersangka Juga Merampas Kalung Korban

Pada saat hampir bersamaan, korban BT juga dipukuli tersangka EAS. Informasi yang dihimpun Solopos.com tersangka IAP yang merupakan ketua perguruan silat di Banjarsari, Solo, datang ke Wedangan Solid pukul 00.10 WIB bersama 10 temannya. Korban YN sempat menyapa IAP dan bersalaman.

Ketika itu korban ditanya ihwal perguruan silatnya. Namun setelah dijawab, korban justru dipukul oleh IAP hingga jatuh. Seketika teman-teman tersangka turut memukuli. Akibat tindakan tersebut korban mengalami luka di bagian bibir.

Baca Juga: Luas Wilayah Solo Tambah 2,68 Kilometer Persegi, Kok Bisa?

Selain mengeroyok, tersangka IAP juga merampas kalung milik korban. "Kita terus lakukan penyidikan dan mendalami peran tersangka," terang Kasatreskrim AKP Djohan Andika.

Kedua tersangka dijerat Pasal 170 KUHP. Bunyinya, "barang siapa dengan terang-terangan dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang atau barang, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan".

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.