Pimpin Top Skor Euro 2020, Cristiano Ronaldo Raih Sepatu Emas

Koleksi gol Ronaldo sebenarnya sama dengan Patrik Schick, namun Ronaldo juga mengemas satu assist sehingga berhak mendapatkan sepatu emas.

 Cristiano Ronaldo (REUTERS)

SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo (REUTERS)

Solopos.com, LONDON – Posisi Cristiano Ronaldo di puncak daftar top skor Euro 2020 tidak tergoyahkan hingga laga final Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kapten Portugal itu dinobatkan menjadi top skor Euro 2020 dengan lima gol.

Koleksi gol Ronaldo sejatinya sama dengan penyerang Republik Cheska, Patrik Schick. Akan tetapi, Ronaldo berhak atas sepatu emas karena satu assist-nya saat Portugal kalah 2-4 dari Jerman.

Sekadar informasi, sejak Piala Eropa 2008, assist menentukan gelar top skor Piala Eropa jika ada dua pemain dengan jumlah gol sama. Alhasil, Ronaldo pun mendapatkan sepatu emas yang menyelematkan wajahnya setelah kegagalan Portugal di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Trofi Italia Samai Prancis, Berikut Daftar Juara Piala Eropa

Sebagaimana diketahui, Ronaldo dan Portugal adalah salah satu unggulan di Piala Eropa 2020. Bagaimana tidak, Selecao das Quinas -julukan Portugal- adalah juara bertahan.

Namun, Portugal ternyata tidak melangkah terlalu jauh di Piala Eropa 2020. Di 16 besar, Portugal harus gugur setelah kalah tipis 0-1 dari tim kuat lainnya, Belgia.

Ronaldo gagal membawa Portugal mempertahankan gelar juara. Akan tetapi, pemain 36 tahun itu mampu menjadi top skor dan mengukir rekor atas namanya selama tampil di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Juara Euro 2020, Italia Gagalkan Skenario Inggris Football is Coming Home

Rekor

Ronaldo mencatatkan beberapa rekor di Piala Eropa 2020, tetapi ada satu yang paling menonjol. Pemain Juventus itu menyamai jumlah gol legenda Iran, Ali Daei, untuk menjadi top skor internasional.

Ronaldo dan Daei sama-sama telah mencetak 109 gol untuk negaranya masing-masing. Atas pencapaian itu, Daei pun memberikan selamat kepada Ronaldo melalui instagram-nya.

“Selamat kepada Cristiano Ronaldo, yang kini tinggal satu gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional [negara] di kategori putra,” tulis Daei.

Baca Juga: Atasi Inggris Lewat Adu Penalti 3-2, Italia Juara Euro 2020

“Saya merasa terhormat karena pencapaian luar biasa ini akan menjadi milik Cristiano Ronaldo, pesepakbola hebat, humanis yang peduli, menginspirasi dan memengaruhi kehidupan di seluruh dunia. Vamos,” lanjut Ali Daei.

 

Berikut daftar top skor Euro 2020:

Cristiano Ronaldo 5 gol

Patrik Schick 5 gol

Harry Kane 4 gol


Berita Terkait

Berita Terkini

Lawan PSCS, Persis Solo Ingin Lanjutkan Tren Kemenangan

Kapten Persis Solo, Eky Taufik, menargetkan timnya bisa menang melawan PSCS Cilacap pada laga terakhir putaran pertama Grup C Liga 2

Persis Solo vs PSCS Cilacap, Pelatih: Wajib Menang!

Persis Solo bakal bertemu dengan PSCS Cilacap yang merupakan pemuncak Grup C Liga 2 Indonesia di Stadion Manahan pada Selasa (26/10/2021).

Lawan PSIM Jogja, Persijap Jepara Incar Kemenangan Perdana

Persijap Jepara mengincar kemenangan pertama saat berstatus sebagai tim tandang melawan PSIM Jogja pada Senin (25/10/2021) pukuk 18.5 WIB.

Data dan Fakta Usai Liverpool Lumat MU di Old Trafford

Liverpool sukses melumat rival abadi mereka, Manchester United, pada pekan kesembilan Liga Premier Inggris.

Banyak Pemain Kurang Prima, PSIM Jogja Yakin Raih 3 Poin

PSIM Jogja optimistis kembali meraih tiga poin saat menghadapi Persijap Jepara dalam lanjutan pekan kelima Liga 2 Indonesia pada Senin (25/10/2021).

Hasil Liga Inggris: MU Babak Belur!

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan pertandingan pekan kesembilan. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan dengan skor telak.

Jadi Juara Dunia Moto GP 2021, Quartararo: Rasanya Luar Biasa

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, resmi mengunci gelar juara dunia Moto GP 2021 meski masih ada dua balapan tersisa.

Tutup Putaran Pertama, Hizbul Wathan Targetkan Poin Penuh

Kedua tim berebut memenangkan laga ini untuk menutup putaran pertama tidak sebagai juru kunci klasemen.

Panen Sanksi, PSG Pati Pincang saat Hadapi Hizbul Wathan

Tim milik Youtuber Atta Halilintar yang kini bernama AHHA PS Pati itu berada di dasar klasemen dengan koleksi satu poin.

Keren, Gelandang Persis Solo Jadi Kapten Timnas Indonesia

Gelandang Persis Solo, Mohamad Kanu Helmiawan, mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23 sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia U-23  2022.

Ini Hlo, 2 Pemain Persebi Boyolali yang Bobol Gawang PSCS Cilacap

Dua pemain menjadi pahlawan kemenangan Persebi Boyolali saat menundukkan PSCS Cilacap dalam laga persahabatan.

Gantikan Teguh Prakosa, Janjang Janji Gas Pol Pimpin ISSI Solo

Politikus PDIP, Janjang Sumaryono Aji, siap gas pol seusai dilantik sebagai Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo periode 2021-2025.

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Salah Momok Setan Merah

Manchester United akan menghadapi tantangan Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) pukul 22.30 WIB.

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico!

Partai panas antara Barcelona melawna real Madrid akan tersaji di Liga Spanyol, Minggu (24/10/2021) pukul 21.15 WIB.

Liga 1 dan Liga 2 Bisa Ditonton di Stadion? Ini Jawaban Menpora

Menpora dan PSSI sepakat menyebut pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu.