SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SOLO--Pemilihan Umum Wali Kota Magelang (Pilwalkot) tahun 2005 dilaksanakan pada 26 Juni 2005. Pilwalkot ini bertujuan mencari pemimpin dan wakil emimpin baru Kota Magelang untuk periode 2005 sampai 2010.

Pilwalkot Magelang 2005 diikuti oleh dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Magelang yaitu pasangan Bambang Pradjuritno dan Soetjipto yang diusung oleh Partai Golkar serta pasangan Fahriyanto dan Noor Muhammad yang diusung oleh Partai PDIP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari Detik.com Jumat (10/6/2005) dalam paparan kampanyenya, Bambang Pradjuritno menyatakan bila terpilih dia ingin mewujudkan pemerintah dan Kota Magelang yang bersih dan berwibawa untuk menuju masyarakat sejahtera.

Sementara itu pasangan Fahriyanto yang disampaikan oleh Noor Muhammad ingin mewujudkan Magelang sebagai kota jasa yang maju, mandiri dan sejahtera.

"Kami ingin Kota Magelang menjadi kota jasa atau menjadi pusat pelayanan jasa karena letaknya yang strategis yaitui pada simpul point jalur ekonomi Yogyakarta, Solo dan Semarang serta jalur pariwisata Borobudur, Dieng, Yogyakarta," kata Noor waktu itu seperti dikutip detikcom.

Penumpang Kereta Api Dan Pesawat Melonjak, Bagaimana Pencegahan Covid-19?

Peroleh Suara Beda Tipis

Dari hasil penghitungan suara diantara dua calon pasangan tersebut hanya berselisih tipis. Untuk pasangan Fahriyanto dan Drs Noor Muhammad mendapatkan suara 31,918 serta pasangan Bambang Pradjuritno dan Soetjipto mendapatkan hasil suara total 31,579.

Pilwalkot Magelang tahun 2005 dimenangkan oleh pasangan Fahriyanto dan Drs Noor Muhammad dengan selisih tipis 339 suara dari suara pasangan Bambang Pradjuritno dan Soetjipto.

Di Solo, Legislator DPR Aria Bima Beberkan Skenario Pengadaan Vaksin Covid-19

Pasangan Bambang-Soetjipto menang di enam kelurahan yaitu Kedungsari, Kramat, Potrobangsan, Wates, Gelangan dan Kelurahan Magelang. Di Kecamatan Magelang Selatan, Fahri-Noor menang di lima kelurahan, Magersari, Rejowinangun Utara, Rejowinangun Selatan, Tidar dan Kemirirejo. Sedangkan Bambang-Soetjipto menang di dua kelurahan, Jurangombo dan Cacaban.

Di Kelurahan Jurangombo, Fahri kalah tiga suara dari Bambang. Di tempat itu, Bambang menang 2.514 suara dan Fahri meraih 2.511 suara. Sedangkan di kelurahan Cacaban, Fahri juga kalah sebanyak 37 suara dari Bambang. Di Cacaban Bambang menang 1.966 suara dan Fahri mendapat 1.929 suara.

Fahriyanto-Noor Muhammad diusung PDIP dan mendapat dukungan PAN. Fahri adalah Walikota Magelang 2000-2005 dan tokoh PDIP Kota Magelang. Sedangkan wakilnya, Noor adalah pensiunan militer berpangkat Kolonel yang juga staf pengajar Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya