SOLOPOS.COM - Jokowi-Prabowo (news.liputan6.com)

Harianjogja.com, JOGJA-Juru kampanye (jurkam) selama pemilihan presiden (pilres) 2014 tidak hanya dari tokoh masyarakat. Mahasiswa pun banyak yang digerakan untuk bersuara. Sebagian dari mereka ada yang dibayar jutaan. Bentuk kampanye bermacam-macam. Mulai dari terang-terangan lewat social media, ada juga yang tertutup berselimut diskusi.

Sebut saja namanya AS, 23. Dia mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Secara terang-terangan dia  mengikrarkan diri menjadi tim kampanye untuk pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Bisa dibilang dia sangat agresif. Tak jarang dia juga melakukan kampanye hitam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain banyak membagi berita positif tentang pasangan Prabowo-Hatta, ia kerap melancarkan kampanye negatif terhadap lawan politik idolanya itu. Misalnya dengan membuat meme yang berisi ledekan terhadap Jokowi, dan lainnya.

AS sendiri mengaku memperoleh bayaran setiap bisa mengumpulkan massa lewat akun media sosial miliknya.
“Honornya rahasia, tapi di atas dua juta lah, bergantung pada pencapaian kita,” tuturnya kepada Harianjogja.com beberapa waktu lalu.

Selain menjalankan praktik kampanye hitam, ada juga juru kampanye dari kalangan mahasiswa yang lebih intelektual. Yakni dengan menggelar forum diskusi. Acara ini tentu saja mendapat donor dari tim sukses salah satu pasangan capres-cawapres.

Misalnya YR, 23. Dia memilih berkampanye dengan cara menggelar diskusi atau seminar politik dan kebangsaan. Aktivis HMI itu baru-baru ini terlibat dalam diskusi bertajuk Cerdas memilih Presiden di UGM.

“Dananya dari partai politik, ada juga yang sumbangan sukarela dari para donatur. Kami dapat cipratan rezeki dari situ plus dapat pengetahuan gratis,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya