SOLOPOS.COM - Ilustrasi rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2014 (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA- Ketua KPUD DIY Hamdan Kurniawan mengatakan jumlah pemilih Pemilu Presiden melonjak ketimbang Pileg. Pada hari terakhir pendaftaran formulir A5 Minggu (6/7/2014), masih banyak warga yang mendaftarnya di panitia pemungutan suara tingkat desa.

“Karenanya data pemilih tambahan belum masuk semua, namun kalau yang lewat KPU Kota/Kabupaten tercatat ada sekitar 6000-7000 pemilih,” ungkap Hamdan kepada Harianjogja, Minggu(6/7/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menjelaskan pengurusan formulir A5 atau surat keterangan pindah memilih ada dua cara, yakni dengan mengurusnya ke KPU kota/kabupaten sesuai dengan tempat tinggal atau ke desa dengan mengurusnya ke PPS. Pendaftaran ke KPU sudah ditutup ada H-10 atau 29 Juni, sedangkan pengurusan ke PPS terakhir pada H-3 atau 6 Juli. KPU juga memberikan kemudahan dengan tidak mengharuskan pemilih mengurusnya langsung ke tempat tinggal aslinya. Namun dapat diuruskan oleh keluarganya, lalu berkasnya dikirim via pos. Pihak yang bersangkutan mendaftarkannya ke KPU kota/kabupaten atau desa yang menjadi domisilinya saat ini.

Menurut dia, rata- rata mereka yang mengurus A5 adalah mahasiswa, tapi ada pula buruh dari luar Jogja. Di Sleman, ia mencatat setidaknya ada 4.500 pendaftar, sedangkan sisanya tersebar di KPU kota dan kabupaten lainnya. Ia mengatakan kondisi ini jauh berbeda dengan Pileg lalu. Saat itu, hanya ada sekitar 3.000 pendaftar formulir A5. Nama- nama pendaftar tersebut juga sudah dimasukan dalam daftar pemilih tetap pada Pileg, herannya pada Pileg pendaftar A5 juga masih banyak, bahkan sampai dua kali lipatnya sendiri.

“Saya melihat antusias warga untuk Pilpres tinggi,” ungkapnya. Tercatat DPT Pilpres adalah sebanyak 2.752.275. Adapun pada H-7, KPU juga telah menetapkan daftar pemilih khusus sebanyak 2.289. Sedangkan pada Pileg lalu, jumlah DPT ialah 2.723.621.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya