SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WASHINGTON--Kandidat incumbent Presiden Barack Obama semakin dipastikan memenangi pilpres Amerika Serikat (AS) tahun ini. Perolehan Electoral College Obama kian melampaui perolehan suara penantangnya, Mitt Romney, yakni 303 suara melawan 206 suara.

Berdasarkan hasil penghitungan yang dilansir CNN, Rabu (7/11/2012), perolehan popular vote kedua kandidat sama-sama 49 persen. Namun jika sebelumnya Romney yang memimpin perolehan popular vote, kini Obama balik memimpin. Tapi tetap dengan selisih suara yang sangat tipis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil terbaru menunjukkan, Obama memperoleh 51.569.975 suara sedangkan Romney meraih 51.318.823 suara.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasar negara bagian, Obama menyapu bersih kemenangan di battleground states atau negara-negara bagian kunci yang menjadi penentu kemenangan. Obama memenangkan perolehan suara di negara bagian Colorado, Florida, Iowa, Nevada, New Hampshire, Ohio, Virginia dan Wisconsin.

Dengan kembali memenangkan pilpres AS, Obama mencetak sejarah karena menjadi capres kedua dari partai Demokrat yang berhasil memenangi periode jabatan kedua sejak Perang Dunia II. Yang pertama adalah mantan presiden Bill Clinton yang pernah memegang jabatan selama dua periode.

Atas kemenangan ini, kepada rakyat AS, Obama langsung menyampaikan ucapan terima kasih melalui akun Twitter-nya dan akun Facebook-nya. “Ini terjadi karena kalian. Terima kasih,” tutur Obama dalam akun resminya @BarackObama, seperti dilansir AFP, Rabu (7/11).

“Empat tahun ke depan,” imbuhnya.

Obama yang merupakan perintis dalam kampanye online ini juga memuji rakyat AS yang telah mendukungnya. “Kita semua bersama-sama. Itulah caranya kita berkampanye dan itu menunjukkan siapa kita. Terima kasih. -bo,” tuturnya.

Diketahui bahwa inisial ‘bo’ merupakan tanda bahwa pesan tersebut merupakan pesan pribadi yang berasal dari dirinya. Kicauan Obama tersebut langsung di-retweet sebanyak 88 ribu kali. Tidak hanya itu, Obama juga mengunggah foto dirinya tengah memeluk sang istri, Michelle Obama, saat merayakan kemenangannya.e

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya