SOLOPOS.COM - Patung Barry's Dream di halaman SDN Besuki Menteng (Foto:detik.com)

Patung Barry’s Dream di halaman SDN Besuki Menteng (Foto:detik.com)

JAKARTA–Pemilihan Presiden AS akan digelar Selasa (6/11/2012)  pukul 19.00 WIB atau 07.00 waktu setempat. Jika incumbent Barack Obama kembali terpilih menjadi presiden AS untuk periode kedua, sekolah tempat Obama menimba ilmu semasa kecil, SDN Besuki Menteng, akan menggelar lomba menulis surat ucapan selamat dalam bahasa Inggris.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau menang, kami akan buat lomba menulis surat untuk Obama sebagai ucapan selamat atas kemenangannya,” ujar Kepala Sekolah SDN Besuki Menteng, Akhmad Solikin, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (6/11/2012).

Namun Solikin mengatakan penyelenggaraan lomba itu tergantung hasil pemilu AS. Jika Obama memenangi pemilu, maka lomba itu akan digelar dengan mengikutsertakan seluruh murid kelas 6 SDN Besuki Menteng. Surat itu harus ditulis dalam bahasa Inggris.

Surat ucapan terbaik akan disampaikan kepada Obama melalui kedutaan AS di Jakarta atau pun dititipkan melalui Kedutaan Besar RI di AS.

“Tapi kita lihat nanti siapa yang menang. Kami yakin Obama menang,” tutur Solikin.

Solikin juga berpendapat mengenai kepemimpinan Obama di AS. Menurutnya, AS di bawah kepemimpinan Obama mengalami kemajuan, terutama dalam hubungan bilateral dengan Indonesia. Dia mencontohkan kerjasama bidang pendidikan antara AS dan Indonesia yang meningkat dibanding kepemimpinan presiden AS sebelumnya. Bahkan di bawah Obama, Indonesia jadi semakin dikenal di AS.

“Saya pikir Obama bagus. Ada bantuan lebih untuk Indonesia di bidang pendidikan dibanding presiden-presiden dulu. Indonesia makin dikenal oleh AS, sehingga kita bisa menjelaskan di AS tentang kondisi Indonesia sebenarnya,” ujar Solikin.

Obama pernah tinggal di Jakarta pada tahun 1967 hingga 1971 bersama dengan ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro. Ia tinggal di kawasan Menteng Dalam dan bersekolah di SDN 01 Menteng atau dikenal sebagai SDN Besuki.

Kepingan sejarah masa kecil itu membuat Obama menjadi sosok yang membuat penasaran banyak orang Indonesia saat ia pertama kali mencalonkan diri di Pemilihan Presiden AS pada 2008.

Saat itu media gencar memberitakan berbagai hal terkait masa kecil Obama di Jakarta hingga sekelompok warga negara AS bersama teman-teman sekolah Obama dulu membentuk yayasan nirlaba Friends of Obama yang dipimpin oleh Ron Mullers. Pada 2010, yayasan ini membangun patung Obama kecil dan meletakkannya di Taman Menteng. Tapi karena mengundang protes, patung perunggu itu dipindahkan ke halaman SDN Besuki.

Obama dan Mitt Romney akan bertarung memperebutkan suara terbanyak guna meniti jalan menuju Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya