SOLOPOS.COM - Pemilih di Dixville Notch memberikan suaranya dalam pilpres AS, Selasa (6/11/2012) dini hari waktu setempat. (news.yahoo.com)

Pemilih di Dixville Notch memberikan suaranya dalam pilpres AS, Selasa (6/11/2012) dini hari waktu setempat. (news.yahoo.com)

WASHINGTON – Pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) telah dimulai. Warga di dua desa kecil di Negara Bagian New Hampshire,  mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) tepat pada Senin (5/11/2012) tengah malam waktu setempat atau Selasa (6/11/2012) siang WIB.
Pemungutan suara berlangsung singkat. Di Desa Dixville Notch, hasilnya langsung diketahui setelah 43 detik. Sebabnya, hanya 10 pemilih yang datang menggunakan hak suaranya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diberitakan Los Angeles Times, Selasa, Presiden Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney, masing-masing mendapatkan lima suara di Dixville Notch.

Sementara di Desa Hart’s Location, hasil pemungutan suara telah diketahui danya dalam waktu 5 menit, 42 detik. Hasilnya, Obama menang dengan meraih 23 suara, sedangkan Romney hanya mendapatkan 9 suara.

Kedua desa tersebut menikmati status mereka sebagai wilayah yang kali pertama mendatangi TPS dalam pilpres AS sejak 1948.

New Hampshire merupakan swing state yang memiliki empat suara elektoral. Dengan gambaran seperti itu, tampaknya New Hampshire tidak begitu penting dalam pilpres AS.

Namun dalam pemilu yang berlangsung ketat, negara bagian ini bisa menjadi penentu. Contohnya saat Al Gore kalah secara dramatis dari George W Bush pada pilpres 2000 lalu.

Al Gore berhasil meraih suara terbanyak (popular vote) namun kalah dari Bush dalam perolehan suara electoral college. Seandainya Al Gore menang di New Hampshire, dia harusnya bisa menduduki Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya