SOLOPOS.COM - Barack Obama mendapat sambutan pendukungnya dalam pidato kemenangan pilpres AS di Chicago, Rabu (7/11/2012). (Reuters)

Barack Obama mendapat sambutan pendukungnya dalam pidato kemenangan pilpres AS di Chicago, Rabu (7/11/2012). (Reuters)

CHICAGO – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama menyebut perlunya kompromi-kompromi sulit untuk membawa AS maju, dalam pidato kemenangan untuk masa jabatan keduanya di Gedung Putih.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Berbicara di depan pendukungnya di Chicago, Selasa (6/11/2012) malam waktu setempat atau Rabu (7/11/2012) WIB, Obama berjanji untuk bekerja dengan para pemimpin Demokrat dan Republik dalam hal potongan defisit federal, perbaikan kode pajak dan reformasi imigrasi. Obama juga menjanjikan pengurangan ketergantungan negara terhadap minyak asing.

“Pengakuan kita mempunyai harapan dan impian yang sama tidak akan menyelesaikan semua masalah kita atau bisa menggantikan upaya kita membangun konsensus,” kata Obama.

Pemerintahan Demokrat dan anggota parlemen sekarang memiliki kurang dari dua bulan untuk menghadapi pemotongan anggaran besar-besaran dan kenaikan pajak yang mulai berlaku pada akhir tahun, yang dikenal sebagai tebing fiskal.

Dengan pemulihan ekonomi AS yang dipertaruhkan, Obama dan Demokrat akan dipaksa mengesampingkan perbedaan dengan merangkul Republik untuk menemukan cara pencegahan langkah-langkah penghematan. Saat ini, Partai Republik mempertahankan mayoritas mereka di DPR dan Demokrat tetap mengendalikan Senat.

“Saya akan bekerja dengan para pemimpin dari kedua belah pihak untuk memenuhi tantangan yang hanya bisa dipecahkan secara bersama-sama,” lanjut Obama.

Pemerintah kini memiliki kesempatan kedua untuk melaksanakan rencana penciptaan lapangan kerja dan mengurangi utang federal. Masalah tersebut telah menjadi isu-isu utama yang digunakan Mitt Romney selama kampanye untuk memojokkan Obama.

Soal hubungannya dengan Romney di masa mendatang, Obama mengatakan akan berbicara dengannya soal cara kerja sama untuk memajukan AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya