SOLOPOS.COM - Ima Matul Maisaroh (paling kanan) dan keluarga. (Istimewa/Facebook)

Pilpres AS kali ini akan beraroma Indonesia. Diaspora Indonesia Ima Matul Maisaroh diundang berbicara.

Solopos.com, WASHINGTON DC — Seorang warga Amerika Serikat keturunan Indonesia, Ima Matul Maisaroh, diundang untuk berbicara dalam Konvensi Partai Demokrat hari ini, Selasa (26/7/2016). Ajang konsolidasi politik menjelang Pilpres AS tersebut menjadi kesempatan bagi Ima yang pernah menjadi korban perdagangan manusia (human trafficking) di negara itu.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk AS di Washington DC merilis pernyataan resmi yang mendukung kehadiran Ima dalam hajatan politik terbesar partai pengusung Hillary Clinton itu. KBRI juga menyebut kesempatan ini merupakan kebanggaan bagi Ima.

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang bersangkutan pernah diundang untuk seminar perlindungan hak perempuan pada tahun 2015 dan berkesempatan pula memberikan pelatihan tentang human trafficking kepada staf KJRI, April 2016,” tulis KBRI dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Senin (25/7/2016).

Konvensi Partai Demokrat maupun Republik menjadi salah satu ajang yang membahas isu trafficking. Pasalnya, isu ini, termasuk isu HAM lainnya, menjadi salah satu isu sensitif di AS. Berikut pernyataan lengkap KBRI di Washington DC.

KETERANGAN PERS
KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA DI WASHINGTON DC
Terkait pemberitaan adanya warga keturunan Indonesia, Sdri Ima Matul Maisaroh yang akan berbicara di Konvensi Partai Demokrat, tanggal 26 Juli 2016, berikut disampaikan penjelasan KBRI:

1. Perwakilan RI di AS (KBRI dan KJRI LA) mendengar dan mengikuti pemberitaan tersebut. Dari komunikasi KJRI LA dengan Sdri. Ima Matul Maisaroh, diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan mendapatkan undangan untuk berbicara di Konvensi Partai Demokrat, tanggal 26 Juli 2016.
2. Sdri. Ima Matul Maisaroh adalah diaspora Indonesia yang saat ini sudah berkewarganegaraan AS dan tinggal di Los Angeles. Konjen RI di LA, Sdr. Umar Hadi, telah berkomunikasi dengan yang bersangkutan dan mengucapkan selamat atas kesempatan yang bersangkutan berbicara di Konvensi. Sdri. Ima Matul Maesaroh adalah “survivor” human trafficking dan saat ini aktif di LSM CAST (Coalition for Anti-Slavery and Trafficking) di LA.
3. Perwakilan RI di AS, dalam hal ini KJRI, senantiasa menjaga hubungan baik dengan Sdri. Ima Matul Maisaroh. Yang bersangkutan pernah diundang untuk seminar perlindungan hak perempuan pada tahun 2015 dan berkesempatan pula memberikan pelatihan tentang human trafficking kepada staf KJRI, bulan April 2016.
4. Sebagaimana diketahui, Konvensi Partai baik Republik dan Demokrat adalah ajang untuk mengkonsolidasikan partai dan mengkomunikasikan platform partai. Isu human Trafficking merupakan bagian isu yg diperjuangkan oleh Partai Demokrat, sebagaimana isu-isu HAM lainnya.
5. Bagi Perwakilan RI di AS, sebagaimana telah disampaikan selama ini, WNI atau diaspora Indonesia diharapkan dapat terus berkiprah demi kepentingan Indonesia di manapun diaspora Indonesia berada. Tentu kita sebagai bangsa Indonesia, bisa berbangga diaspora Indonesia memberikan kontribusi dalam isu yang sangat penting yaitu human trafficking, sebagaimana yang dilakukan diaspora Indonesia yang berkiprah di PBB, World Bank, dan IMF maupun organisasi internasional lainnya.
6. Terkait isu human trafficking yang diusung, isu tersebut juga merupakan kepentingan nasional Indonesia. Isu perlindungan domestic workers yang terkait dengan isu human trafficking merupakan salah satu prioritas Polugri dan kabinet saat ini. Hal ini akan terus diperjuangkan Indonesia baik di tingkat nasional, ASEAN maupun forum multilateral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya