SOLOPOS.COM - Barack Obama (Reuters)

Barack Obama (Reuters)

WASHINGTON – Penggalangan dana kampanye calon incumbent pemilu presiden (pilpres) Amerika Serikat, Barack Obama, akhirnya berhasil menggungguli calon Republik, Mitt Romney.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pernyataan yang dirilis Senin (10/9/2012), kubu Obama berhasil mengumpulkan lebih dari US$114 juta pada Agustus, unggul tipis di atas Romney, kali pertama dalam beberapa bulan terakhir. Kubu mantan GubernurMassachusetts, Romney, mengumpulkan lebih dari US$111 juta pada Agustus kemarin.

Manajer kampanye Obama, Jim Messina, hal itu berhasil mereka capai setelah Demokrat memperluas basis donor dengan lebih dari 317.000 orang, yang sebelumnya belum pernah menyumbang untuk Obama. Total, lebih dari 1,1 juta penyumbang telah memberikan dukungan dana kepada Obama.

Perkembangan ini memperketat persaingan menjelang pemungutan suara pada 6 November mendatang. “Ini adalah uang muka penting bagi organisasi kami di seluruh negeri. Ini adalah kampanye akar rumput terbesar dalam sejarah,” ungkapMessina.

Penggalangan dana Obama telah menurun drastis sejak pemilu 2008, setelah menjadi calon presiden pertama yang memilih keluar dari sistem penyesuaian dana federal. Perolehan dana kampanye Romney pun melampauinya secara signifikan sejak April.

Ditambah, Republik meraup keuntungan tunai dari Super PACs, kelompok para jutawan AS, yang rela menggelontorkan dana berapa pun yang dibutuhkan. Hal ini membuat Romney sempat disebut sebagai calon presiden dengan pendanaan tanpa batas.

Pada Juli, kampanye Obama hanya mengumpulkan US$75 juta, sedangkan Romney US101 juta. Situasi ini berbalik sepanjang Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya