SOLOPOS.COM - salah satu gambar lelucon yang mengaitkan Mitt Romney dengan istilah "horses and bayonets" yang dilontarkan Barack Obama. (facebook)

salah satu gambar lelucon yang mengaitkan Mitt Romney dengan istilah “horses and bayonets” yang dilontarkan Barack Obama. (facebook)

WASHINGTON – Istilah “kuda dan bayonet” menjadi satu frasa menarik dari perdebatan antara Barack Obama dan Mitt Romney, Senin (22/12/2012) malam waktu setempat. Istilah ini digunakan Obama untuk menyindir ide-ide Romney dalam hal kemiliteran telah ketinggalan zaman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam debat yang digelar di Lynn University, Florida, Romney mengkritik kebijakan militer Obama selama kampanye dan menuduh presiden dari Partai Demokrat itu menghabiskan terlalu sedikit anggaran untuk memperkuat militer. Menurut kandidat Partai Republik itu, Angkatan Laut AS kini memiliki kapal lebih sedikit dibandingkan pada 1917.

“Anda menyebutkan Angkatan Laut kita memiliki kapal lebih sedikit dibandingkan pada 1916. Gubernur, kita kini juga memiliki sedikit kuda dan bayonet, karena sistem militer kita telah berubah,” tandas Obama mengomentari pernyataan mantan gubernur Massachusetts tersebut.

Kuda memang pernah menjadi “kendaraan” perang utama berabad-abad lalu, begitu pula bayonet atau sangkur, sepucuk pisau militer yang dipasang di ujung senapan. Meskipun masih digunakan dengan beberapa alasan, kedua hal itu kini tak sudah tak lazim digunakan untuk memperkuat militer modern.

“Kita telah membangun apa yang disebut kapal induk, tempat pesawat-pesawat bisa mendarat. Kita memiliki kapal-kapal yang bisa masuk ke dalam air dan kapal selam nuklir,” imbuh Obama.

Meskipun diejek menggunakan istilah “kuda dan bayonet”, Romney masih bersikukuh Angkatan Laut membutuhkan lebih banyak kapal lagi. “Angkatan Laut membutuhkan 313 kapal untuk melaksanakan misi mereka, sedangkan yang kita miliki sekarang kurang dari 285. Saya ingin memastikan kita memiliki kapal-kapal yang dibutuhkan oleh Angkatan Laut kita,” tegasnya.

Atas pernyataan keras kepala Romney itu, Obama mencontohkan sebuah permainan anak-anak bernama “Battleship” untuk mencemoohnya. “Pertanyaannya adalah bukan soal permainan Battleship, saat kita menghitung jumlah kapal,” katanya.

Kekuatan Angkatan Laut AS merupakan isu sangat penting di Virginia, yang merupakan rumah bagi beberapa galangan terbesar kapal Angkatan Laut dan operasi perbaikan. Ini juga merupakan “sasaran empuk” tarik ulur politik kedua kandidat menjelang pemungutan suara pada 6 November 2012.

Nah, dengan panasnya perdebatan yang dipicu istilah ini, tak heran “kuda dan bayonet” menjadi istilah populer di media-media sosial seperti Twitter. Bahkan istilah #horsesandbayonets menjadi trending topic di Twitter dan banyak pengguna baru yang menamai akunnya dengan istilah ini.

Sebuah situs internet baru bahkan diciptakan dengan tampilan gambar depan Obama dengan tulisan, “”Kami juga memiliki ketapel, busur dan anak panah yang lebih sedikit.” Juga ada gambar Romney yang menunggang kuda dan sambil membawa senapan dengan bayonet. Wah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya