SOLOPOS.COM - Mitt Romney dan istrinya, Ann, dalam sebuah kampanye. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Mitt Romney dan istrinya, Ann, dalam sebuah kampanye. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Mitt Romney menjadi penantang berat presiden petahana Barack Obama dalam Pemilu Presiden AS yang berlangsung pada Selasa (6/11/2012) ini waktu setempat. Berikut ini sejumlah fakta mengenai sang penantang yang mantan gubernur dan eksekutif perusahaan investasi itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

– Romney, 65, mengusung tema tradisional kampanye Partai Republik yaitu pemotongan pajak, deregulasi peraturan federal, pengurangan belanja pemerintah dan perkuatan militer AS. Dia juga berjanji menciptakan 12 juta lapangan kerja di masa jabatan pertamanya dengan program yang terfokus pada pengembangan sektor energi dalam negeri, pengembangan perdagangan bebas, peningkatan pendidikan, pengurangan defisit dan perlindungan usaha kecil.

– Romney pada tahun 2008 menjadi salah satu kandidat presiden Partai Republik, namun kalah dari Senator John McCain.

– Dia lahir di sebuah keluarga kaya dan dibesarkan di dekat ibukota industri baja dan otomotif AS, Detroit. Dia sudah mengenal politik sejak remaja ketika sang ayah, George Romney, yang pernah menjadi pemimpin American Motors Corporation kemudian menjadi Gubernur Negara Bagian Michigan tahun 1963-1969. George Romney juga sempat mencalonkan diri sebagai kandidat presiden dari Partai Republik menjelang Pilpres 1968, namun gagal.

– Kiprah politik Romney bermula di tahun 1994 saat dia mencalonkan diri sebagai senator mewakili Negara Bagian Massachusetts, namun kalah dari kandidat Partai Demokrat yang juga senator petahana, Edward Kennedy. Delapan tahun kemudian Romney terpilih sebagai gubernur Massachusetts, di mana kemudian dia sukses melakukan reformasi sitem jaminan kesehatan masyarakat. Programnya itu menjadi model bagi reformasi jaminan sosial yang digeber pemerintahan Obama.

– Tahun 1999 Romney mengambil alih posisi ketua panitia pelaksana Olimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City, Utah. Persiapan olimpiade itu sebelumnya terseok-seok dan diwarnai aneka masalah seperti membengkaknya biaya dan penyelewengan. Olimpiade itu akhirnya sukses dan memberinya reputasi sebagai ahli memecahkan masalah.

– Dalam kampanye Romney berhasil menggalang kekuatan dari masyarakat yang merasa Obama gagal mewujudkan janji perubahan. Namun untuk masalah kebijakan luar negeri Romney masih terlihat keteteran dan memang sama sekali tak punya pengalaman. Sejumlah pernyataan dan komentarnya terkait masalah aktual luar negeri justru meleset dan menjadi poin minus baginya.

– Romney bertemu calon istrinya, Ann, saat sebuah pesta dansa di SMA. Mereka kemudian menikah di tahun 1969 saat masih kuliah, dan dikaruniai lima anak laki-laki dan kemudian 18 cucu. Romney memiliki ijazah sastra Inggris dari Universitas Brigham Young di Utah, dan lantas ijazah gelar ganda hukum dan MBA dari Harvard University. Romney juga menguasai bahasa Prancis.

– Romney bergabung dengan lembaga konsultan manajemen Bain & Company tahun 1977 dan meniti karir di sana. Tahun 1984 dia ikut mendirikan anak perusahaan yang bergerak di bidang investasi, Bain Capital, yang sukses membangkitkan kembali sejumlah perusahaan yang nyaris kolaps.

– Romney dihitung punya kekayaan bernilai kotor sekitar US$200 juta atau Rp1,9 triliun, yang menjadikannya sebagai salah satu calon presiden terkaya dalam sejarah AS.

Video kampanye terakhir Mitt Romney di Virginia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya