SOLOPOS.COM - Salah satu foto yang menjadi salah satu penanda pemerintahan Obama, yang menunjukkan saat Obama beserta sejumlah pejabat senior pemerintahannya memantau jalannya operasi penyergapan atas Osama bin Laden yang dilakukan pasukan khusus AL AS, SEAL di Pakistan. (news.com.au)

Barack Obama dan istrinya, Michelle. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Rakyat Amerika Serikat pada Selasa (6/11/2012) waktu setempat akan mengikuti proses pemilihan presiden, di mana petahana Presiden Barack Obama berjuang untuk masa jabatan kedua selama empat tahun ke depan. Berikut ini sejumlah fakta mengenai presiden pertama AS dari etnis kulit hitam itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

– Riwayat pribadi Barack Obama bisa dibilang sama sekali tak seperti para presiden pendahulunya. Ibunya, Ann Dunham, adalah perempuan kulit putih asal Kansas yang menikah dengan Barack Obama Sr, warga kulit hitam asal Kenya. Orangtuanya bercerai saat Obama masih kecil dan Obama pun kehilangan sosok ayah di masa kecilnya, yang lantas dihabiskan di Indonesia dan kemudian Hawaii di mana dia tinggal bersama kakek dan nenek dari pihak ibunya.

– Di masa pertumbuhannya, Obama harus berjuang mengatasi berbagai kesulitan akibat latar belakang orangtuanya yang berbeda etnis. Hal ini diungkapkan dalam memoarnya, di mana dia sempat berpikir “ada yang salah dengan dirinya.” Ketidakseimbangan hidup akibat tiadanya ayah juga diakuinya mungkin mengakibatkannya sempat terjerumus dalam konsumsi narkoba saat remaja.

– Obama lulus dari Columbia University di New York tahun 1983 bekerja di sektor swasta di New York di sebuah kelompok masyarakat di Chicago. Tahun 1988 dia masuk sekolah hukum bergengsi Harvard Law School, di mana dia mencatat sejarah sebagai orang kulit hitam pertama yang menjabat presiden lembaga prestisius Harvard Law Review.

– Di awal 1990an Obama bekerja di lembaga kampanye pemilu di Chicago, mengajar hukum konstitusi di University of Chicago dan bergabung dengan sebuah biro hukum yang mengkhususkan layanan pada masalah hak-hak warga negara dan pengembangan masyarakat. Di sana dia berpacaran dan lantas menikahi Michelle Robinson, rekan kerjanya di kantor pengacara.

– Karir politiknya dimulai setelah sukses merebut kursi Senat Negara Bagian Illinois di tahun 1996, dan melejit di tahun 2004 setelah memberikan pidato yang kuat dan berpengaruh saat Konvensi Nasional Partai Demokrat. Bulan November tahun itu dia terpilih sebagai Senator AS mewakili Illinois.

– Obama menjadi calon presiden dari Partai Demokrat untuk Pilpres 2008 setelah mengalahkan Hilary Clinton, mantan Ibu Negara dan Senator dari New York. Dalam Pilpres ia mengalahkan calon Partai Republik, Senator John McCain. Kampanyenya dinilai sangat dinamis dan dibangun atas dasar visi pembangkitan harapan dab perubahan, yang ditunjang dengan berbagai pidato yang kuat dan menyentuh.

Salah satu foto yang menjadi salah satu penanda pemerintahan Obama, yang menunjukkan saat Obama beserta sejumlah pejabat senior pemerintahannya memantau jalannya operasi penyergapan atas Osama bin Laden yang dilakukan pasukan khusus AL AS, SEAL di Pakistan. (news.com.au)

– Pemerintahan Obama mewarisi krisis ekonomi yang dipicu krisis keuangan parah di akhir masa pemerintahan pendahulunya, Presiden George W Bush. Dampak krisis ini masih sangat terasa hingga sekarang sehingga masih terus mengancam upayanya memenangi masa jabatan kedua. Obama menjawab masalah yang ada dengan memperdalam campunr tangan pemerintah melalui berbagai paket stimulus ekonomi dan memberikan utangan baru bagi para produsen otomotif yang selama ini termasuk penyerap tenaga kerja terbesar.

– Salah satu program utama Obama adalah UU Jaminan Sosial Terjangkau (Affordable Care Act), yang mereformasi sistem jaminan sosial yang sudah puluhan tahun berlaku. Porgram barunya yang dijuluki Obamacare bertujuan memberikan asuransi dan jaminan sosial yang lebih merata dan terjangkau bagi seluruh rakyat. Para pengritiknya menyebut program ini menimbulkan campur tangan berbiaya sangat tinggi dari pemerintah federal.

– Masa pemerintahan Obama juga ditandai pergulatan politik yang ketat dengan Partai Republik, meski di awal pemerintahannya Partai Demokrat menjadi mayoritas di DPR dan Senat, di mana para legislator Partai Republik sering melawan kuat aneka rencana kebijakannya. Situasi jadi makin sulit saat Partai Republik berhasil merebut posisi mayoritas dan kepemimpinan di DPR pada 2010.

– Dalam kebijakan luar negeri, catatan penting pemerintahan Obama adalah penarikan mundur pasukan AS dari Irak dan pengurangan dominasi AS di Afghanistan. Keberhasilan pasukan khusus AL AS, Navy SEAL menyerbu tempat persembunyian pentolan utama Al Qaeda, Osama bin Laden di Pakistan dan menewaskannya juga ikut meningkatkan reputasi pemerintahannya.

Video pidato kampanye terakhir Barack Obama sebelum hari pemungutan suara di Hillard, Ohio, Senin (5/11/2012)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya