SOLOPOS.COM - Mitt Romney dan Barack Obama saat debat perdana kampanye Pilpres AS di Denver, Colorado, AS, Rabu (3/10/2012) malam waktu AS. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Mitt Romney dan Barack Obama saat debat perdana kampanye Pilpres AS di Denver, Colorado, AS, Rabu (3/10/2012) malam waktu AS. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

WASHINGTON – Kekuatan Mitt Romney dalam perdebatan pertamanya melawan Presiden Barack Obama memperbaiki kampanyenya menuju pemilihan presiden Amerika Serikat, di mana Romney banyak dinilai sebagai pemenang dalam debat itu.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Sejumlah pengamat menyebut Romney tampil agresif, sementara Obama justru berhati-hati dan cenderung diam. Selama ini dalam banyak jajak pendapat Obama lebih unggul, khususnya di negara-negara bagian netral yang bukan basis Partai Republik atau Demokrat. Pemilu Presiden AS akan berlangsung 6 November mendatang.

Mark Mardell dari BBC menyatakan bahwa jika kubu Romney mampu terus mengejar marjin keunggulan jajak pendapat atau bahkan menyalip Obama, maka upayanya untuk merebut kunci Gedung Putih akan makin terbuka. Namun jika dia masih tetap pada posisinya sekarang, maka kubu Republik dinilai masih terlalu berat untuk melawan sang petahana, Obama.

Dalam debat yang berlangsung Rabu malam waktu AS di Denver, Colorado, kedua kandidat saling serang di bidang rencana ekonomi. Obama menyebut rencana ekonomi Romney sebagai “top-down economics” dan pengulangan kebijakan era Presiden Bush. Sebaliknya Romney menyebut strategi pemerintah Obama sebagai “pemerintahan yang hanya memberi sedikit demi sedikit.”

Jadwal Debat Pilpres:
3 Oct Denver, Colorado. Domestic policy. Moderated by Jim Lehrer (PBS)
11 Oct Danville, Kentucky. Vice-presidential debate. Moderated by Martha Raddatz (ABC)
16 Oct Hempstead, New York. Town-hall style foreign policy debate. Moderator: Candy Crowley (CNN)
22 Oct Boca Raton, Florida. Moderator: Bob Schieffer (CBS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya