SOLOPOS.COM - Ilustrasi PIlpres AS

Ilustrasi PIlpres AS

NEW YORK–Pemungutan suara pemilihan presiden AS sudah dimulai, hingga saat ini sudah ada 36 negara bagian yang sudah melakukan pengambilan suara. Tempat pemungutan suara sudah mulai dibuka sejak pagi dan akan ditutup pada malam hari waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir dari AFP, pemungutan suara dimulai pada Selasa (6/11/2012) pukul 06.00 WIB waktu setempat. Pemungutan suara dilakukan secara bertahap, dimulai dari wilayah yang berada di Pantai Timur AS. Wilayah-wilayah yang telah melakukan pemungutan suara antara lain, New Hampshire, Virginia, New Jersey, Connecticut, Indiana, Kentucky, Maine, Vermont, Florida, Michigan, dan Pennsylvania, Iowa dan Wisconsin.

Dua desa kecil di negara bagian New Hampshire menjadi wilayah pertama yang memberikan hak pilihnya. Warga di dua desa ini mendatangi tempat pemungutan suara pada Selasa, 6 November dini hari waktu setempat.

Pemungutan suara berlangsung singkat. Di desa Dixville Notch, setelah 43 detik, hasilnya langsung diketahui. Sebabnya, hanya 10 pemilih yang datang menggunakan hak suaranya. Seperti diberitakan Los Angeles Times, Selasa (6/11/2012), Presiden Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney masing-masing mendapatkan 5 suara di desa Dixville Notch.

Sementara di desa Hart’s Location, Obama menang dengan meraih 23 suara. Adapun Romney hanya mendapatkan 9 suara. Hanya dalam waktu 5 menit, 42 detik, hasil pemungutan suara telah diketahui.

Kedua desa tersebut menikmati status mereka sebagai yang pertama kali menggelar pemungutan suara dalam pilpres AS sejak tahun 1948.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya