SOLOPOS.COM - Muhaimin Iskandar memberikan kuliah umum di hadapan para akademisi di Kampus Fisipol Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jateng, Rabu (30/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

PKB mengklaim Presiden Jokowi butuh sosok seperti Muhaimin Iskandar sebagai cawapres di Pilpres 2019.

Solopos.com, JAKARTA — Anggota Dewan Syuro DPP PKB, Maman Imanul Haq, mengatakan partainya memastikan akan mengusung Presiden Jokowi untuk Pilpres 2019. Meski demikian, dia mengklaim sebagian kalangan meminta Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk menjadi pesaing Jokowi.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Maman mengakui bahwa Presiden Jokowi berhasil dalam membangun infrastruktur selama memimpin Indonesia, namun masih ada kekurangannya. Kelemahan itu, ujarnya, adalah pada sektor pembangunan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam membangun isu-isu agama yang terus “digoreng” menjelang Pilkada maupun Pilpres mendatang.

Dia memprediksi isu SARA sebagaimana merebak pada sejumlah pilkada masih akan berkembang hingga Pilpres 2019. Karena itu, ujarnya, diperlukan sosok pendamping Jokowi dari kalangan Islam moderat dan damai untuk menghadapi radikalisme. Sosok itu, kata Maman, adalah Cak Imin.

Maman menilai Cak Imin akan melanjutkan perjuangan Gus Dur dalam mengembangkan Islam yang damai, toleran, dan komitmen terhadap PBNU Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. “Jadi, kalau sebagai cawapresnya Jokowi di 2019, sosok Cak Imin itu memang dibutuhkan,” ujarnya meski proses pilpres baru dimulai delapan bulan lagi.

Dia menilai munculnya sosok Cak Imin sebagai cawapres merupakan dorongan partisipatif dari relawan di daerah-daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya