SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Logistik pemilihan presiden dan wakil presiden 9 Juli mendatang, Rabu (2/7/2014) mulai didistribusikan oleh petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri. Distribusi logistik dari aula Sekolah Luar Biasa (SLB) Wonogiri ke 25 panitia pemilihan kecamatan (PPK) dijadwalkan rampung dua hari atau Kamis (3/7/2014).

Distribusi logistik menggunakan lima kendaraan truk dan melibatkan tidak kurang 15 personel. Di antaranya pegawai KPU Wonogiri dan dibantu 11 mahasiswa dan siswa yang sedang praktik kerja lapangan (PKL). Guna keamanan kotak suara dan kotak berisi logistik, KPU membeli 2.500 kunci gembok. Penegasan itu Kepala Sekretariat KPU Wonogiri, Agung Eko Nugroho ditemui di sela-sela memantau petugas memasukkan aneka logistik ke kotak suara di Aula SLB Wonogiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Distribusi dijadwalkan dua hari selesai. Hari ini separuh PPK dari 25 PPK sudah terkirim logistik,” ujar Agung.

Agung menjelaskan, anggota PPK masih ada waktu untuk melakukan cross check logistik. “Silahkan anggota PPK mengumpulkan semua panitia pemilihan suara (PPS) di wilayahnya untuk meneliti ulang isi kotak suara dengan mengundang Panwascam. Apakah logistik Pilpres 9 Juli mendatang sudah komplit atau belum. Jika belum segera berkoordinasi dengan KPU. Cuma kotak suara yang tidak boleh dibuka adalah kotak suara yang berisi surat suara.”

Lebih lanjut Agung menyatakan, masing-masing TPS mendapatkan dua kotak suara, terbagi atas kotak suara berisi surat suara dan kotak suara berisi logistik atau ATK. “Hari H-1 semua logistik meski sudah sampai ke masing-masing TPS.”

Pada bagian lain, Agung mengatakan, hingga kini ada 15 pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di Wonogiri dengan menunjukkan form A5. menurutnya, ke-15 pemilih itu merupakan pegawai yang bekerja di Wonogiri namun tinggal di daerah lain. Selain 15 pemilih yang menggunakan form A5, KPU Wonogiri juga mendapat kiriman DPK (daftar pemilih khusus) sebanyak 120 orang. “Jika warga Wonogiri yang sudah memenuhi syarat memilih namun belum terdaftar di DPT silahkan menunjukkan KTP. Dia bisa menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat tempat tinggalnya dan dilayani pada pukul 12.00 WIB hingga selesai pukul 13.00 WIB.”

Sebelumnya Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir mengatakan, jumlah logistik telah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Wonogiri sejumlah 906.345 orang dan ditambah dua persen tersebar di 2.280 TPS. “Jumlah surat suara masing-masing TPS sudah disesuaikan jumlah DPT ditambah dua persen. Termasuk surat suara template bagi difabel.”

Menyinggung soal template, Mat Nawir menyatakan, masing-masing TPS diberi satu templet. “Jika di satu TPS terdapat lebih dari satu difabel, anggota PPS bisa meminta ke TPS terdekat dengan dimasukkan dalam berita acara.”

Pantauan solopos.com, lima truk yang mengangkut logistik Pilpres dikawal oleh personel kepolisian Wonogiri. Terpisah, Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani menegaskan, sebanyak 581 personel kepolisian dilibatkan dalam pengamanan luar TPS. “Personel kepolisian akan standby di TPS pada H-2. Mereka dibekali buku saku.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya