SOLOPOS.COM - Capres-Cawapres seusai mengambil nomor urut (JIBI/Solopos/Detik)

Solopos.com, JAKARTA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan nomor urut capres kedua pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 9 Juli. Prabowo-Hatta mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Jokowi-JK mendapatkan nomor urut 2. Dalam pidatonya, Prabowo mengatakan siap kerja keras agar demokrasi berjalan baik. Sementara Jokowi dalam pidatonya sudah melakukan kampanye. Dia mengajak masyarakat untuk memilih nomor 2.

Sebelumnya, Jusuf Kalla mendapatkan nomor undi yang lebih tinggi daripada Hatta Rajasa, sehingga Joko Widodo berhak mengambil undian lebih dahulu. Sebelum mengambil undian, Jokowi sempat membaca doa. Setelahnya, keduanya bersama-sama membuka nomor urut yang terpampang pada kertas bermotif batik tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan siaran langsung televisi, Jokowi-JK mendapatkan nomor urut dua. Sementara Prabowo-Hatta mendapatkan nomor satu. Setelahnya, tim sukses pemenangan masing-masing lalu membagi-bagikan poster nomor urut masing-masing yang sudah disiapkan dan sempat berdendang menyanyikan yel-yel sebelum Rapat Pleno dilanjutkan kembali.

Capres Joko Widodo menyatakan pendapatnya setelah mendapatkan nomor urut dua dalam Pilpres 9 Juli.

“Nomor dua adalah simbol keseimbangan. Ada dua capres dan cawapres, ada mata kanan dan mata kiri, ada telinga kanan dan juga telinga kiri. Semuanya harmoni dalam keseimbangan,” katanya saat dimintai sambutan, di Gedung KPU Pusat, Jakarta (1/6/2014).

Setelahnya, Jokowi dengan singkat mengutarakan harapannya. “Menuju Indonesia yang harmoni dalam keseimbangan, maka pilihlah nomor dua,” katanya sebagaimaan ditulis Detik.

Sementara Prabowo dalam pidatonya, mengatakan kesiapan menuju Pilpres 2014. “Insya Allah kami akan bekerja sekeras mungkin agar proses demokrasi berjalan sebaik-baiknya,” tutur Prabowo di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (1/6/2014).

Dalam pidato singkatnya, Prabowo juga siap untuk turun berjumpa rakyat. Namun, mereka juga siap menghormati apapun pilihan rakyat Indonesia. “Saya dan Pak Hatta akan bekerja keras turun ke rakyat tapi ujungnya kami akan hormati keputusan rakyat Indonesia,” lanjut Prabowo dalam pidato resminya.

Dalam pengundian, pasangan Prabowo-Hatta mendapat nomor 1. Sedangkan Jokowi-JK mendapat nomor urut 2.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya