SOLOPOS.COM - Lima orang pendukung Jokowi-JK mengenakan kostum Punakawan dan Arjuna di Jl. Jend. Sudirman, Sukoharjo, Senin (9/6/2014). Mereka menyumbangkan uang ke tim pemenangan Jokowi-JK melalui rekening BRI agar Jokowi-JK menang dalam Pemilu Presiden 2014. (JIBI/Solopos/Ivan Andimuhtarom)

Solopos.com, SUKOHARJO–Seorang laki-laki mengenakan kostum salah satu tokoh Punakawan, Petruk, Senin (9/6/2014), bersama empat orang lainnya yang mengenakan pakaian tokoh pewayangan lain mendatangi Kantor Cabang BRI Sukoharjo di simpang lima Sukoharjo.

Mereka juga membawa kertas bertuliskan “Dengan Tulus Ikhlas Kami Membantu Pak Jokowi-JK Walau Sedikit Semoga Bermanfaat Amin.” Ya, Prabowo mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sebagai Presiden-Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Prabowo yang mengenakan pakaian Punakawan itu bukanlah Prabowo Subianto, rival Jokowi. Melainkan seniman senior Sukoharjo, Prabowo Ari Kusworo,53.

Seniman lukis yang tinggal di Sengon, RT 002/RW 001,  Begajah, Sukoharjo itu lantas masuk kantor BRI dan mengambil nomor antrean. Ia dan keempat rekannya bermaksud menyumbangkan sedikit uang untuk pemenangan mantan Wali Kota Solo itu.

“Saya dapat nomor antrean 129. Uangnya cuma sedikit, mau ditransfer ke rekening Jokowi,” terangnya saat dimintai keterangan wartawan, Senin.

Ia mengaku akan menyumbangkan uang senilai Rp15.000 ke rekening tim pemenangan Jokowi-JK dengan nomor rekening BRI 122301000172309. Jokowi-JK tercatat memiliki akun rekening di BRI Mal Ambassador.

“Meski sedikit, saya berharap uang itu semoga bisa membantu Jokowi-JK. Setidaknya itu bisa jadi dukungan moral,” kata pelukis beraliran realis tersebut.

Secara pribadi, ia menilai sosok Jokowi sebagai orang yang merakyat, sederhana dan jujur. Ia berharap Jokowi kelak terpilih sebagai presiden.
“Kalau Pak Jokowi jadi presiden, saya yakin korupsi berkurang, ekonomi meningkat. Jokowi versi saya dalam tokoh pewayangan adalah Wisanggeni. Dia tegas, jujur dan sportif,” ujarnya.

Peserta aksi teatrikal yang lain, Triyono, yang mengenakan kostum ala Gareng, mengatakan dana yang dikirim memang tak seberapa. Namun, ia mengatakan dirinya memiliki keinginan kuat untuk mendukung Jokowi-JK.

“Sekalipun jumlahnya tak seberapa, semoga uang itu bermanfaat,” kata dia.

Ia menjelaskan, Punakawan menggambarkan simbol rakyat. Rekan-rekan mengenakan kostum Punakawan karena mereka ingin Jokowi yang dianggap sebagai bendara [tuan] terpilih sebagai Presiden RI.

“Harapannya bendara kami bisa jadi presiden,” kata salah satu seniman Kota Makmur itu.
Selain lima orang tersebut, warga Sukoharjo lainnya juga memberikan donasi kepada Jokowi-JK. Salah seorang warga, Isminah, 65, menyatakan sejak dulu dirinya sudah memiliki rasa cinta kepada Jokowi.

“Harapan donasi ini, saya harap Pak Jokowi jadi presiden. Saya tahu orangnya jujur. Pokoknya sambung tresno. Banyak di RT saya sumbang untuk Pak Jokowi. Sedikit-sedikit,” kata warga Jl. Merbabu, RT 001/RW 001, Kelurahan/Kecamatan Sukoharjo itu saat diwawancara wartawan di Kantor BRI Cabang Sukoharjo, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya