SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Partisipasi warga di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonrogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terkena dampak pembangunan bandara sangat rendah pada Pemilu Presiden 2014.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 02 Glagah Sigit Suprianto mengatakan hingga 12.00 WIB, dari 393 daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan haknya baru 143 pemilih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan partisipasi pada Pilpres ini sedikit mengalami peningkatan dibandingkan pada Pileg 9 April.

Pada Pileg, lanjut Sigit, partisipasi masyarakat hanya 25% dari jumlah DPT 392 orang.

“Partisipasi masyarakat di wilayah Glagah pada Pileg dan Pilpres 2014 ini jauh lebih rendah dibandingkan pemilu sebelum-sebelumnya. Kami tidak tahu alasan masyarakat tidak mencoblos,” kata dia.

Menurut Sigit, sosialisasi yang dilakukan oleh KPU kepada masyarakat masih kurang dan belum mengena sasaran.

“Saat sosialisasi yang diselenggarakan oleh KPU, yang diundang hanya orang-orang tertentu. Sehingga, masyarakat tidak menggunakan haknya,” kata dia.

Ketua KPPS TPS 3 Palihan mengatakan dari total DPT 280 pemilih, yang telah menggunakan hak pilihnya sebanyak 210 sampai pada 12.10 WIB.

“Partisipasi masyarakat pada Pilpres ini cukup tinggi dibandingkan pada Pileg 9 April yang hanya 50 persen atau 146 pemilih dari 285 pemilih,” kata dia.

Anggota KPU Kulon Progo Divisi Sosialisasi, Pendidikan dan Humas Tri Mulatsih mengatakan dirinya telah keliling kampung di kawasan perumahan penduduk yang terkena dampak rencana pembangunan bandara mengunakan pengeras suara dari 10.30-12.00 WIB.

Tim sosialisasi dikawal oleh pasukan bersenjata dari Polres Kulonprogo.

“Harapannya warga yang belum menggunakan haknya segera ke TPS. Dampaknya cukup lumayan,” kata Tri Mulatsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya