SOLOPOS.COM - Surat Prabowo (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SEMARANG – Pengiriman surat bergambar salah satu capres kepada kalangan guru yang memicu aduan kepada Bawaslu terus berlanjut. Kali ini muncul informasi bahwa surat yang beredar di sejumlah daerah di Jawa Tengah itu, ada yang diselipi uang senilai Rp50.000.

Sekretaris tim pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo-Hatta Jateng, Abdul Wachid, mengaku tidak mengetahui adanya pembagian uang Rp50.000 dalam surat Prabowo untuk kalangan guru di Wonosobo dan sekitarnya. “Saya tidak tahu itu mas [adanya pembagian uang Rp50.000 bagi guru],”  katanya ketika dihubungi Solopos.com di Semarang, Sabtu (28/6/2014) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia malah balik mengatakan ada kemungkinan pihak lain yang ingin menjatuhkan Prabowo melakukan money politics dengan memanfaatkan surat tersebut. Pasalnya, kata Wachid yang juga Ketua DPD Gerindra Jateng ini, pihaknya tidak mempunyai uang yang banyak untuk dibagikan kepada para guru yang jumlahnya ribuan orang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau masing-masing guru dapat Rp50.000 membutuhkan uang yang besar. Padahal kami selama ini swadaya untuk melakukan kampanye,” ungkapnya. Wachid mengakui kalau organisasi guru yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendukung Prabowo-Hatta pada Pemilu Pilpres 9 Juli mendatang. “PGRI memang mendukung Prabowo-Hatta, tapi tidak ada pembagian uang itu,” tandasnya.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical), mengklaim tak ada pelanggaran kampanye terkait pengiriman surat dari tim sukses Prabowo-Hatta ke para guru. Terkait laporan adanya uang yang diselipkan di dalam surat yang meminta dukungan suara itu, Ical mengaku hal itu bukan arahan dari pihak Prabowo-Hatta.

Ical, yang partainya menjadi pendukung Prabowo-Hatta juga mengatakan pihaknya tidak memasukkan duit ke dalam amplop surat tersebut. Dia juga menuding pihak lain yang melakukannya,“Itu [ada] orang yang masukin uang. Enggak ada tuh yang bilang gurunya. Orang sebelah [di daerah] sana yang masukin uang,” ujar Ical.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya