SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mendorong masyarakat meminta tim sukses pasangan calon presiden-calon wakil presiden di daerah setempat untuk tidak menyinggung isu SARA dalam berkampanye.

“Tim sukses pasangan capres-cawapres serta pendukungnya sebaiknya dapat mengendalikan diri. Saya harap tidak menyinggung primordialisme yang bersifat SARA,” kata Sri Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas yang diselenggarakan KPU DIY, Kamis (13/6/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, DIY seharusnya dapat menjadi barometer pelaksanaan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk dalam masa pelaksanaan Pilpres 2014.

“Sayangnya iklim aman dan nyaman yang telah susah payah kita bangun selama ini, akhir-akhir ini tercederai oleh peristiwa kerusuhan yang seharusnya tidak perlu terjadi,” kata dia.

Menurut Sri Sultan, Pilpres 2014 memiliki karakter dan kondisi yang berbeda dengan pilpres yang pernah terselenggara sebelumnya. Pilpres saat ini hanya terdiri atas dua pasang capres-cawapres, sehingga lebih besar memicu potensi konflik.

“Jadi memang kalau kedua tim sukses secara langsung ‘head to head‘, memiliki potensi konflik horisontal maupun vertikal, apalagi sering diwarnai kampanye hitam,” katanya.

Berkaitan dengan hal itu, ia juga meminta agar media massa juga mampu turut membangun budaya demokrasi yang sehat di Indonesia agar tidak justru memperkeruh situasi politik menjelang pilpres.

“Media massa dalam hal ini juga bertanggung jawab membangun budaya demokrasi yang sehat,” kata dia.

Sultan pada kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat DIY untuk tidak golput dalam pemungutan suara Pilpres 9 Juli mendatang.

“Jangan memilih golput. Golput artinya tidak mengubah apa pun, dan meskipun aspirasi kita berbeda, namun semangat persatuan sebagai saudara satu bangsa tetap kita jaga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya