SOLOPOS.COM - Peraga Kampanye Pemilu 2014 Dilucuti (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan atribut kampanye di berbagai wilayah di Bantul dibongkar paksa petugas lantaran masih terpasang hingga memasuki hari tenang Senin (7/7/2014).

Pembongkaran paksa atribut kampanye dilakukan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul, dibantu Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat serta dijaga aparat TNI dan kepolisian.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Ketua Panwaslu Bantul Supardi menyatakan, razia atribut digelar sejak pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Petugas menyita ratusan atribut di daerah Imogiri, Pleret, Banguntapan dan Kasihan.

“Mulai dari spanduk, rontek, pamflet dan baliho juga kami bongkar,” terang Supardi.

Menurut Supardi, atribut kampanye paling banyak ditemukan di wilayah-wilayah yang berbatasan dengan Kota. Seperti di Kecamatan Kasihan dan Banguntapan. Petugas terpaksa membongkar paksa atribut kampanye karena tidak dibongkar sendiri oleh Parpol.

Parpol, menurut Supardi, sebenarnya sudah diingatkan untuk membereskan atribut kampanye sebelum masuk masa tenang Pilpres 9 Juli mendatang. Namun instruksi itu tidak diindahkan. “Harusnya Minggu (6/7/2014) kemarin ini semua atribut itu sudah dibersihkan oleh Parpol tapi tidak dilaksanakan,” paparnya.

Pada razia Senin (7/7/2014), petugas, kata dia, fokus membersihkan atribut yang ada di jalan-jalan utama seperti di Ring Road, Jalan Parangtritis, Jalan Imogiri Barat dan Imogiri Timur. Petugas terbagi ke dalam dua tim. Masing-masing membersihkan area di wilayah Bantul Timur dan Bantul Barat.

Pembongkaran atribut rencananya masih akan dikerjakan Selasa (8/7/2014). Pada Selasa, aparat bakal fokus membongkar atribut kampanye yang masih terpasang di perkampungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya