SOLOPOS.COM - Ilustrasi seruan untuk menghentikan kampanye hitam (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, JAKARTA--Presidium Aliansi Nasionalis Nadhliyin (ANN) Edwin H Soekawati meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk turun tangan menghentikan maraknya kampanye hitam menjelang pemilihan presiden ini.

Bila tidak ditangani, kondisi tersebut sangat berbahaya karena bisa mengancam persatuan dan kesatuan Republik Indonesia, karena bersifat fitnah dan mengadu domba antar elemen masyarakat Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“ANN menilai kedua hal itu merupakan kampanye hitam yang sangat berbahaya apalagi bila dibiarkan. Ini sudah hampir satu bulan penyebarannya di masyarakat. Tapi tidak ditanggapi sungguh-sunguh oleh Presiden, apalagi Kepolisian. Presiden SBY harus menghentikan dengan menginstruksikan kepada Polri untuk menghentikan kampanye hitam yang dilakukan dengan berbagai cara,” kata Edwin di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, salah satu bentuk kampanye hitam adalah munculnya tabloid ‘Obor Rakyat’, yang mana diduga melibatkan asisten staf khusus kepresidenan. Namun, kata Edwin, Polri sangat lambat dalam memprosesnya secara hukum, dan tetap membiarkannya menyebar di masyarakat.

“Hal itu menimbulkan minat kembali pihak tertentu untuk lakukan kampanye hitam. Terbukti muncul lagi buku ‘Trisakti Palsu’ yang dikeluarkan AMM yang isinya hampir sama dengan ‘Obor Rakyat’, yakni menyudutkan capres tertentu tanpa bukti,” ujarnya.

Edwin mengatakan, bila tak diatasi dan diselesaikan, akan muncul lagi kampanye-kampanye hitam lainnya dalam jumlah yang masif.

“Bisa saja fitnah-fitnah lainnya terjadi, karena tidak ada tindakan dari pemerintah. Apalagi itu juga dilakukan sengaja, dan celakanya dilakukan oleh asisten staf khusus kantor kepresidenan. Ada stigma, bahwa kantor kepresidenan seolah mengadu domba rakyat, membantu capres tertentu dengan kampanye hitam. Jadi sudah sangat buruk sekali stigma masyarakat terhadap kantor kepresidenan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya