SOLOPOS.COM - Ilustrasi Konvensi Partai Demokrat (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Para peserta konvensi calon presiden Indonesia dari Partai Demokrat dijadwalkan tampil dalam debat publik di 10 kota besar Indonesia.

Dua kota pertama yang menjadi lokasi debat publik dari peserta konvensi capres pada 21-22 Januari 2013 adalah Medan dan Palembang, kata Sekretaris Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Suaidi Marasabessy, di Jakarta, Sabtu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menjelaskan, pada 21 Januari dari sebanyak 11 peserta konvensi akan dibagi menjadi dua kelompok masing-masing enam peserta dan lima peserta untuk tampil pada debat publik di Medan dan Palembang.

Keesekan harinya, kata dia, dua kelompok peserta itu ditukar yakni dari Medan ke Palembang dan sebaliknya dari Palembang ke Medan, untuk melakukan debat publik di hari kedua.

Suadi menambahkan, format debat publik adalah setiap peserta menyampaikan poin-poin visi dan misi kemudian saling bertanya di antara para peserta dengan dipandu moderator dari kota setempat.

“Sasarannya untuk lebih memopulerkan para peserta konvensi capres di kota-kota di seluruh Indonesia. Ini penting dilakukan agar masyarakat tahu siapa capres Partai Demokrat serta bagaimana visi dan misinya,” katanya.

Menurut Suadi, setelah tampil di Medan dan Palembang, selanjutnya akan dilakukan kegiatan yang sama di kota-kota besar lainnya yakni Bandung, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Makassar, Manado, Banda Aceh, Padang, dan Jayapura.

“Kami sedang menghitung-hitung, kalau mungkin debat publik itu akan diakhiri di Jakarta sebagai gongnya,” katanya.

Suaidi menambahkan, bersamaan dengan debat publik di 10 kota, akan dilakukan survei tahap kedua oleh tiga lembaga survei.

Hasil survei tahap pertama dan kedua, kata dia, akan diumumkan setelah pemilu legislatif, yakni sekitar akhir April 2014.

“Dari hasil survei tersebut akan diumumkan satu orang pemenang konvensi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya