SOLOPOS.COM - Ilustrasi Presiden SBY dan Prabowo Subianto. (JIBI/Solopos/Antara/Setpres-Abror Rizki)

Solopos.com, JAKARTA — Direktur Institut Madani Nusantara Prof. Nanat Fatah Natsir menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah meprediksi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 dimenangi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Tafsir itu, ia dasarkan kepada sikap Presiden SBY yang bersedia menerima Prabowo-Hatta, Jumat (4/7/2014) lalu.

“Kehadiran Prabowo-Hatta ke Puri Cikeas, Bogor untuk bertemu Yudhoyono sangat positif. Lima nasihat Yudhoyono secara tersirat menunjukkan dukungan kepada Prabowo-Hatta dan sinyal kemenangan pasangan itu,” kata Nanat Fatah Natsir saat dihubungi Kantor Berita Antara di Jakarta, Minggu (6/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu menilai Yudhoyono cukup sukses sebagai presiden dan negarawan dalam masa pemerintahan 10 tahun. Sebagai negarawan yang berhasil, Nanat menilai harapan Yudhoyono agar Prabowo-Hatta sabar dan tahan kritik apabila memimpin negara adalah suatu hal yang tulus.

“Kunjungan Prabowo-Hatta kepada Yudhoyono juga merupakan sinyal bahwa pasangan itu akan melanjutkan apa yang baik dari pemerintahan sebelumnya dan menyempurnakan yang masih kurang,” tuturnya.

Di sisi lain, dengan menerima kunjungan Prabowo-Hatta, Yudhoyono juga membuat tradisi baru bahwa peralihan kekuasaan dari pemerintahan lama ke pemerintahan baru bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Jumat lalu, pasangan Prabowo-Hatta bersama sejumlah pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih berkunjung ke kediaman Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor. Dalam pertemuan itu, Prabowo meminta nasihat kepada Yudhoyono untuk berbagi pengalaman memimpin bangsa Indonesia.  Yudhoyono pun menyatakan pesan secara hati-hati agar tidak ada kesan menggurui.

Pemungutan suara Pilpres 2014 yang diselenggarakan Rabu (9/7/2014) dikuti pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan nomor urut 1 dan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan nomor urut 2.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya