SOLOPOS.COM - Paguyuban Beksa Lelana ngamen di sepanjang jalan menuju Pasar Wates sebagai bentuk dukungan kepada pasangan Jokowi JK, Kamis (19/6/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO – Pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jokowi JK gelar aksi ngamen dengan atraksi jatilan di sepanjang jalan menuju Pasar Wates, Kamis (19/6/2014).

Sayangnya, pelanggaran kampanye tampak terjadi dengan adanya anak-anak di bawah umur yang turut serta dalam aksi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para simpatisan yang berjumlah kurang lebih sepuluh orang tersebut berpakaian Jawa dan mengenakan kostum jathilan. Kordinator kampanye Jokowi JK, Joyo Sumpono mengatakan kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk menarik dukungan dari masyarakat pada kedua pasangan calon ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kenapa kami menggunakan jathilan dan berbaju Jawa, karena ini sesuai dengan karakter Jokowi yang merakyat dan sederhana. Kami juga ingin melestarikan budaya ini,” ujar Joyo.

Dengan diiringi musik khas jathilan, dengan tabuhan gendang, gending serta angklung para seniman ini menyinggahi pertokoan di sepanjang jalan menuju Pasar Wates. Para seniman jathilan yang tergabung dalam Paguyuban Beksa Lelana dari Sentolo dan Pengasih ini, rencananya akan menggelar kampane ini hingga 3 Juli mendatang.

“Ada beberapa titik yang akan kami datangi, semua merata di 12 kecamatan di Kulonprogo. Rencananya uang hasil ngamen ini akan kami kumpulkan untuk biaya operasional,” jelas Joyo.

Joyo mengatakan selama ini kesenian jathilan kurang mendapatkan perhatian. Dirinya berharap dengan kampanye ini kesenian jawa, khususnya jathilan dapat terangkat. Selain ngamen, simpatisan juga membagi-bagikan stiker Jokowi JK kepada setiap warga.

“Mudah-mudahan dengan kampanye semacam ini, Jokowi bisa turut mengembangkan dan melestarikan kesenian ini. Karena selama ini jathilan sudah tidak ada yang nanggap, harapannya jathilan bisa eksis lagi,” imbuh Joyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya